ISNAIDI, WAHYU (2024) PERANCANGAN ALAT BANTU ANGKAT KAPORIT PADA SEPEDA MOTOR DENGAN METODE PAHL & BEITZ (Studi Kasus di CV Lintang Gemintang Scientech, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
122180016_WAHYU ISNAIDI (KOVER).pdf Download (5MB) |
|
Text
122180016_WAHYU ISNAIDI (ABSTRAK).pdf Download (5MB) |
|
Text
122180016_WAHYU ISNAIDI (HALAMAN PENGESAHAN).pdf Download (5MB) |
|
Text
122180016_WAHYU ISNAIDI (DAFTAR ISI).pdf Download (5MB) |
|
Text
122180016_WAHYU ISNAIDI (DAFTAR PUSTAKA).pdf Download (5MB) |
|
Text
122180016_WAHYU ISNAIDI (FULL TUGAS AKHIR).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
CV Lintang Gemintang Scientech adalah perusahaan yang bergerak dalam
penjualan peralatan laboratorium, farmasi, kesehatan manusia, asam teknis, basa
teknis, pelarut teknis, dan peralatan kimia umum tingkat teknis lainnya. Pekerja
dapat terganggu sistem otot saat proses distribusi bahan kimia seperti Kaporit
dengan posisi kerja saat proses loading/unloading dari gudang ke atas motor, yang
memerlukan penyesuaian postur kerja. Postur tubuh yang membungkuk, punggung
melengkung dan beban kerja berlebihan merupakan kondisi yang berisiko
menimbulkan cedera dan keluhan muskuloskeletal, sehingga diperlukan evaluasi
dan perbaikan.
Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi keluhan muskuloskeletal
pada pekerja menggunakan kuesioner Nordic Body Map (NBM). Perhitungan gaya
tekan dilakukan pada sendi L5/S1 untuk mengevaluasi risiko cedera pada kondisi
aktual. Alat bantu angkut yang ergonomis dirancang menggunakan metode Pahl &
Beitz berdasarkan hasil evaluasi tersebut. Tahapan perancangan alat terdiri dari
penentuan kriteria, merancang konsep, perancangan bentuk, serta perancangan
detail. Pada tahap akhir, alat bantu angkut yang diusulkan divalidasi melalui
perhitungan gaya tekan L5/S1 untuk memastikan penurunan risiko cedera.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya tekan pada sendi L5/S1 pekerja
sebesar 5.700,437 Newton, melebihi batas aman yang direkomendasikan NIOSH
(3.400 N). Keluhan muskuloskeletal yang dirasakan berkorelasi dengan besarnya
gaya tekan tersebut. Perancangan alat bantu angkut "Troli Hidrolik" yang
ergonomis dapat memperbaiki postur kerja pekerja. Hasil validasi menunjukkan
gaya tekan L5/S1 berkurang signifikan menjadi 1.865,349 Newton pada
penggunaan alat bantu angkut usulan. Rancangan alat bantu angkut ini dapat
mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kenyamanan kerja.
Kata kunci: Loading/unloading; Nordic Body Map (NBM); Gaya tekan L5/S1; Pahl & Beitz; Troli Hidrolik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loading/unloading; Nordic Body Map (NBM); Gaya tekan L5/S1; Pahl & Beitz; Troli Hidrolik. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40508 |
Actions (login required)
View Item |