PENENTUAN RUTE PICKUP KERTAS BEKAS MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP DAN NEAREST NEIGHBOR UNTUK MEMINIMASI JARAK TRANSPORTASI (Studi Kasus di UD Sregep, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

JATI, EKA SURYA (2024) PENENTUAN RUTE PICKUP KERTAS BEKAS MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP DAN NEAREST NEIGHBOR UNTUK MEMINIMASI JARAK TRANSPORTASI (Studi Kasus di UD Sregep, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skrisipsi Fulltext_122200042_Eka Surya Jati.pdf] Text
1. Skrisipsi Fulltext_122200042_Eka Surya Jati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover_122200042_Eka Surya Jati.pdf] Text
2. Cover_122200042_Eka Surya Jati.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_122200042_Eka Surya Jati.pdf] Text
3. Abstrak_122200042_Eka Surya Jati.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_122200042_Eka Surya Jati.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_122200042_Eka Surya Jati.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_122200042_Eka Surya Jati.pdf] Text
5. Daftar Isi_122200042_Eka Surya Jati.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_122200042_Eka Surya Jati.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_122200042_Eka Surya Jati.pdf

Download (133kB)

Abstract

xiv
ABSTRAK
Lamanya waktu pengambilan kertas bekas yang melebihi jam kerja sopir
dan pekerja di UD Sregep menjadi permasalahan utama bagi mereka. Sopir dan
pekerja bekerja melebihi dari jam kerja tanpa adanya tambahan gaji atau uang
lembur. Permasalahan utama pada lamanya waktu pengambilan kertas bekas yang
melebihi jam kerja adalah cluster yang tidak sesuai, muatan yang overload, rute
yang tidak ditentukan dengan baik dan banyaknya kertas yang diambil. Selain
lamanya waktu pengambilan kertas bekas yang melebihi jam kerja, waktu
kedatangan yang berbeda antara setiap sopir dan pekerja pada masing-masing
kendaraan juga menimbulkan kecemburuan sosial pada sopir dan pekerja karena
terdapat perbedaan jam kerja pada setiap sopir dan pekerja. Penelitian ini bertujuan
untuk menentukan rute yang tepat dengan jarak yang lebih pendek dari jarak aktual
sehingga akan meminimasi lamanya waktu pengambilan kertas bekas yang
melebihi jam kerja.
Permasalahan pada penelitian ini diselesaikan menggunakan Algoritma
Sweep dan Algoritma Nearest Neighbor. Penyelesaian permasalahan ini
menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel dengan solver. penyelesaian
permasalahan dimulai dengan melakukan pengelompokan berdasarkan kurun
waktu pengambilan, mengidentifikasi sudut polar dan titik koordinat pada titik
pengepul, melakukan clustering berdasarkan sudut polar dan alokasi kendaraan,
membuat from to chart jarak, dan diakhiri dengan penentuan rute menggunakan
perangkat lunak Microsoft Excel dengan solver. Hasil solusi dari Algoritma Sweep
merupakan pengelompokan berdasarkan sudut polar dan Algoritma Nearest
Neighbor adalah jarak yang lebih pendek dari jarak aktual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak yang diusulkan lebih pendek dari
jarak aktual perusahaan. Hasil perbandingan dengan jarak rute awal dengan jarak
rute usulan pada kurun waktu 5 hari menunjukkan pengurangan jarak sebesar 30%,
kurun waktu 7 hari menunjukkan pengurangan jarak sebesar 30%, kurun waktu 8
hari menunjukkan pengurangan jarak sebesar 9%, kurun waktu 14 hari (1)
menunjukkan pengurangan jarak sebesar 16%, kurun waktu 14 hari (2)
menunjukkan pengurangan jarak sebesar 9%, kurun waktu 14 hari (3) menunjukkan
pengurangan jarak sebesar 25%, dan kurun waktu 14 hari (4) menunjukkan
pengurangan jarak sebesar 17%. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan hasil
berupa rute yang lebih pendek dari jarak rute aktual perusahaan. Pengurangan jarak
tersebut diharapkan dapat meminimasi sopir dan pekerja bekerja di luar jam kerja
yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan
dasar untuk membuat perangkat lunak guna mempermudah untuk menentukan
pengelompokan titik pengepul, kendaraan, dan rute yang tepat sesuai Algoritma
Sweep dan Algoritma Nearest Neighbor.
Kata kunci: Algoritma sweep; algoritma nearest neighbor; penentuan rute; reverse
logistic.
xv
Determining Used Paper Pickup Routes using Sweep Algorithm and Nearest
Neighbor to Minimize Transportation Distance
ABSTRACT
The long time needed to collect waste paper, which exceeds the working
hours of drivers and workers at UD Sregep, is a major problem for them. Drivers
and workers work more than working hours without any additional salary or
overtime pay. The main problem with a long time for collecting waste paper that
exceeds working hours is clusters, which is not appropriate, the load, which is
overloaded, poorly defined routes and large amounts of paper taken. Apart from the
long time needed to collect waste paper, which exceeds working hours, the different
arrival times between drivers and workers in each vehicle also give rise to social
jealousy among drivers and workers because there are different working hours for
each driver and worker. This research aims to determine the correct route shorter
than the distance to minimize the time required to collect waste paper that exceeds
working hours.
The problems in this research were solved using the Sweep Algorithm and
Nearest Neighbor Algorithm. They are solving this problem using Microsoft Excel
software with solver. Solving the problem begins with grouping based on the
collection period, identifying polar angles and coordinates at the collecting point,
carrying out clustering based on polar angle and vehicle allocation, creating a from
to chart distance, and ends with determining the route using Microsoft Excel
software with the solver. Solution results from the Sweep Algorithm is a grouping
based on polar angles and Nearest Neighbor Algorithm is a distance shorter than
the actual distance.
The research results show that the proposed distance is shorter than the
company's. The comparison results with the initial route distance with the proposed
route distance in 5 days show a distance reduction of 30%, a period of 7 days shows
a reduction in distance of 30%, a period of 8 days shows a reduction in distance of
9%, a period of 14 days (1) shows a reduction in distance of 16%, a period of 14
days (2) shows a reduction in distance of 9%, a period of 14 days (3) shows a
reduction in distance of 25%, and 14 days (4) shows a reduction in distance of 17%.
Therefore, this research provides results in the form of a route that is shorter than
the company's actual route distance. The reduction in distance is expected to
minimize drivers and workers working outside the working hours set by the
company. In addition, this research can be used to create software to make it easier
to determine the correct grouping of collection points, vehicles and routes according
to the Sweep Algorithm and Nearest Neighbor Algorithm.
Keywords: Sweep algorithm; nearest neighbor algorithm; route determination;
reverse logistic.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sweep algorithm; nearest neighbor algorithm; route determination; reverse logistic.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:12
Last Modified: 22 Jul 2024 08:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40338

Actions (login required)

View Item View Item