PENGARUH KONTEN REFERENSI COFFEE SHOP PADA AKUN INSTAGRAM @ke.jogja TERHADAP FOLLOWERS ENGAGEMENT

Amanah, Fayyaqun Nur (2024) PENGARUH KONTEN REFERENSI COFFEE SHOP PADA AKUN INSTAGRAM @ke.jogja TERHADAP FOLLOWERS ENGAGEMENT. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf] Text
Cover_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Abstrak_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf] Text
Abstrak_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf] Text
Lembar Pengesahan_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Isi_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf] Text
Daftar Isi_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf] Text
Daftar Pustaka_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf] Text
Skripsi Fulltext_154190064_Fayyaqun Nur Amanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan coffee shop di Yogyakarta berkembang pesat, terutama karena gaya
hidup nongkrong yang populer di kalangan mahasiswa dan anak muda. Fenomena
ini memicu munculnya akun-akun food vlogger di media sosial, termasuk akun
@ke.jogja yang memberikan informasi dan rekomendasi coffee shop di
Yogyakarta. Meskipun sama-sama memberikan referensi, @ke.jogja hadir dengan
ciri khasnya yang to the point, turut menyertakan foto tangkapan layar peta coffee
shop yang diunggah lengkap dengan jam operasional serta rentang harga menu
yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh konten referensi coffee shop akun @ke.jogja terhadap followers
engagement serta faktor-faktor yang membentuk followers engagement-nya. Pada
teori Uses and Gratifications ditunjukkan khalayak memiliki wewenang dalam
memilih media yang dikonsumsi. Pendekatan pada penelitian ini ialah pendekatan
kuantitatif dengan metode survei menggunakan teknik pengumpulan purposive
non-probability sampling kepada 100 pengikut dan pengikut potensial @ke.jogja
yang selanjutnya diolah dengan aplikasi SPPS. Hasilnya menunjukkan bahwa
konten referensi coffee shop berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan
pengikut akun tersebut dengan hasil uji korelasi product moment sebesar 0,831
yang dikategorikan kuat karena berada di rentang 0,81-1,00. Sehingga dapat
disimpulkan terdapat korelasi yang kuat antara variabel independen dan dependen.
Kata Kunci: Followers Engagement, Pengaruh Konten, Referensi Coffee Shop.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Followers Engagement, Pengaruh Konten, Referensi Coffee Shop.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:28
Last Modified: 01 Jul 2024 07:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40038

Actions (login required)

View Item View Item