KAJIAN KERUSAKAN JALAN POROS ARAH FRONT DAN DISPOSAL MENGGUNAKAN METODE UNSURFACED ROAD CONDITION INDEX (URCI) DI PIT KGU PT PUTRA PERKASA ABADI JOBSITE PT BORNEO INDOBARA, TANAH BUMBU, KALIMANTAN SELATAN

CHRISTOPHER, CHRISTOPHER (2024) KAJIAN KERUSAKAN JALAN POROS ARAH FRONT DAN DISPOSAL MENGGUNAKAN METODE UNSURFACED ROAD CONDITION INDEX (URCI) DI PIT KGU PT PUTRA PERKASA ABADI JOBSITE PT BORNEO INDOBARA, TANAH BUMBU, KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of B. Cover_112200071_Christopher.pdf] Text
B. Cover_112200071_Christopher.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of C. Abstrak_112200071_Christopher.pdf] Text
C. Abstrak_112200071_Christopher.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of D. Halaman Pengesahan_112200071_Christopher.pdf] Text
D. Halaman Pengesahan_112200071_Christopher.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of E. Daftar Isi_112200071_Christopher.pdf] Text
E. Daftar Isi_112200071_Christopher.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of F. Daftar Pustaka_112200071_Christopher.pdf] Text
F. Daftar Pustaka_112200071_Christopher.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of A. Skripsi Fulltext_112200071_Christopher.pdf] Text
A. Skripsi Fulltext_112200071_Christopher.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) merupakan salah satu Perusahaan kontraktor
yang bekerja sama dengan PT Borneo Indobara (BIB) yang bergerak di bidang
pertambangan batubara. PT PPA menerapkan sistem penambangan terbuka dengan
metode open pit. Kegiatan PT PPA pada PT BIB dimulai dari pembersihan lahan
hingga pengangkutan batubara menuju ROM stockpile. Aktivitas penambangan PT
PPA meliputi pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan. Salah satu syarat pada
kegiatan pengangkutan yaitu dibutuhkan jalan angkut yang memadai.
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, ditemukan kondisi segmen jalan
yang belum sesuai dengan plan yaitu pada jalan poros arah front dan disposal
sehingga perlu dilakukannya evaluasi. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan
metode Unsurfaced Road Condition Index (URCI) dengan target plan bernilai 70
yang mana menyesuaikan dengan manual TM 5-626 yaitu jalan dengan kategori I
(Jalan dilewati lebih dari 200 kendaraan/hari) harus memiliki nilai URCI minimal
70.
Hasil URCI yang didapati pada lokasi penelitian adalah berkisar 43,7
sampai 63,8 dengan kategori fair sampai good yang mana masih belum sesuai
dengan plan. Faktor yang paling mempengaruhi adalah jenis kerusakan inadequate
roadside drainage, Hal ini terjadi karena lokasi yang terus berpindah sehingga tidak
optimal dalam pembuatan drainase, kurangnya manajemen spoil, dan kurangnya
alat support untuk melakukan pemindahan spoil sehingga diberikan rekomendasi
untuk membentuk ulang saluran drainase dengan menganalisis debit air limpasan
masing-masing lokasi dan perbaikan pada badan jalan.
Nilai URCI mengalami kenaikan setelah dilakukan pembentukan ulang
drainase dan perbaikan badan jalan menjadi 70,5 sampai 87,3 dengan kategori very
good sampai excellent sehingga telah mencapai target nilai URCI yaitu 70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kajian Kerusakan Jalan, Unsurfaced, PT BORNEO INDOBARA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:02
Last Modified: 24 Jun 2024 04:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39873

Actions (login required)

View Item View Item