LAKSITA, YOGYA ELGA DIASRESTA (2024) FAKTOR KEMENANGAN RECEP TAYYIP ERDOGAN DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DI TURKI TAHUN 2023. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (116kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (144kB) |
|
Text
SKRIPSI_YOGYA ELGA DIASRESTA LAKSITA_151200063.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menjelang pemilihan Presiden 2023, Turki dihadapkan dengan masalah
serius seperti inflasi tinggi, bencana alam, peningkatan pengungsi Suriah, dan
ancaman terorisme. Meskipun pemerintah dikritik karena penanganan masalah
tersebut, Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai presiden. Penelitian ini
membahas faktor-faktor kemenangan Erdogan menggunakan kerangka teori
perilaku pemilih oleh Angus Campbell. Hasil analisis menunjukkan bahwa Erdogan
mampu memanfaatkan isu-isu krusial tersebut untuk membangun narasi yang
menguntungkannya. Selain itu, orientasi pemilih terhadap kandidat juga
berpengaruh besar. Pemilih melihat kualitas simbolis dan instrumental Erdogan,
termasuk karismanya, kepemimpinan yang tegas, dan visinya untuk masa depan
Turki. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara pemanfaatan isu-isu
strategis dan orientasi positif terhadap kandidat memungkinkan Erdogan untuk
memenangkan pemilihan meskipun terdapat ketidakpuasan yang meluas terhadap
pemerintahannya.
Kata kunci: Pemilihan Presiden, Turki, Recep Tayyip Erdogan, Perilaku Pemilih
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan Presiden, Turki, Recep Tayyip Erdogan, Perilaku Pemilih |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 07:52 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39831 |
Actions (login required)
View Item |