PERMINTAAN DAN PENAWARAN UBI KAYU DI KABUPATEN MAGELANG

Al Rosyid, Ali Hasyim and Kafiya, Maftuh and Viana, Candarisma Dhanes Noor (2023) PERMINTAAN DAN PENAWARAN UBI KAYU DI KABUPATEN MAGELANG. Fakultas Pertanian, UPN "Veteran" Yogyakarta. (Unpublished)

[thumbnail of LAPORAN PENELIITIAN PENAWARAN UBI KAYU DI KABUPATEN MAGELANG.pdf] Text
LAPORAN PENELIITIAN PENAWARAN UBI KAYU DI KABUPATEN MAGELANG.pdf

Download (225kB)

Abstract

Komoditas tanaman pangan yang berpotensi untuk dikembangkan salah satunya adalah ubi kayu. Keunggulan ubi kayu jika dibandingkan dengan komoditas tanaman pangan lainnya yaitu dapat dibudidayakan pada lahan kering dan kurang subur, daya tahan terhadap penyakit relatif tinggi, selain itu dari gizinya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat mensubstitusi komoditas padi sebagai sumber bahan baku pangan utama masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ubi kayu di kabupaten Magelang. Penawaran ubi kayu di Kabupaten Magelang secara Bersama-sama dipengaruhi oleh harga ubi kayu tahun sebelumnya, harga ubi jalar tahun sebelumnya, produksi ubi kayu tahun sebelumnya, luas panen tahun ubi kayu sebelumnya, harga jagung tahun sebelumnya. Sedangkan secara parsial penawaran ubi kayu di Kabupaten Magelang dipengaruhi oleh harga ubi jalar pada tahun sebelumnya dan luas panen ubi kayu pada tahun sebelumnya.
Berdasarkan hasil analisis, elastisitas harga ubi kayu pada tahun sebelumnya terhadap penawaran ubi kayu di Kabupaten Magelang bersifat inelastis baik untuk elastisitas jangka pendek (0,701) dan elastisitas jangka panjang (0,02)

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: S.P., M.Sc Ali Hasyim Al Rosyid
Date Deposited: 08 Jun 2024 04:01
Last Modified: 10 Jun 2024 07:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39700

Actions (login required)

View Item View Item