PERBAIKAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI MOBILE LELANG INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Santosa, Muhammad Ridhwan (2024) PERBAIKAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI MOBILE LELANG INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. FULTEXT SKRIPSI.pdf] Text
1. FULTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 2. COVER.pdf] Text
2. COVER.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

vii
ABSTRAK
Aplikasi Lelang Indonesia telah beroperasi sejak pertama kali diluncurkan, yaitu pada
tahun 2017 dan telah beroperasi selama 6 tahun hingga saat penelitian ini dilaksanakan pada
tahun 2023, namun dalam fase sejak peluncuran pertamanya hingga saat ini aplikasi Lelang
Indonesia telah menerima banyak keluhan dari penggunanya. Jika dilihat dari ulasan aplikasi
Lelang Indonesia yang ada pada google playstore, kebanyakan pengguna mengeluhkan
mengenai usabilitas dari aplikasi seperti kebingungan dalam menggunakan aplikasinya,
tampilan aplikasi yang menyulitkan pengguna untuk membaca informasi yang disediakan, dan
terdapat double feature dalam aplikasi. Melihat beberapa keluhan pengguna maka perlu
dilakukan perancangan ulang tampilan dengan tujuan untuk meningkatkan usability dari
aplikasi Lelang Indonesia.Usability dalam model yang dikemukakan oleh Nielsen 2012
memiliki 5 metrik, yaitu efficiency, learnability satisfactions, errors, memorability. Selanjutnya
metode yang digunakan dalam perancangan ulang ini adalah metode design thinking. Metode
design thinking memiliki 5 tahapan diantaranya emphatize, define, ideate, prototype, test. Data
yang didapatkan menunjukan bahwa dari 8 task yang disediakan, responden membutuhkan
waktu yang cukup lama untuk bisa menyelesaikan semua task yang disediakan. Dari informasi
yang didapatkan ini dilakukan perancangan ulang tampilan dan selanjutnya dilakukan usability
testing kembali untuk melihat apakah terjadi kenaikan usability dari 5 metrik yang ada, hasilnya
menunjukan penurunan waktu yang dibutuhkan pengguna untuk menyelesaikan setiap task pada
tiga sesi yang berbeda. Metrik efficiency meningkat pada setiap task dibuktikan dengan kenaikan
hasil perhitungan time based efficiency, sedangkan dalam metrik learnability waktu yang
dibutuhkan pengguna sesi pertama penggunaan prototype menurun, pada metrik satisfaction
skor single ease questionnaire meningkat dengan 7 dari 8 task mendapat skor rata – rata diatas
6, kesalahan klik menurun secara drastis dan tingkat memorability pengguna meningkat
dibuktikan dengan penurunan waktu yang ditempuh dalam pengerjaan task pada ketiga sesi.
Dari hasil yang didapat disimpulkan bahwa perancangan ulang tampilan mampu dan berhasil
untuk meningkatkan usability dari aplikasi Lelang Indonesia.
Kata Kunci : Redesign, Design Thinking, Lelang Indonesia, Mobile User Interface,
Usability Testing
viii
ABSTRACT
Since its launch in 2017, the Indonesian auction application has been operational for
six years up t the time of this study in 2023. Throughout its operation, however, it has garnered
numerous complaints from its users. A review of the user feedback available on the Google Play
Store reveals that the majority of users have raised concers regarding the usability of the
application. Common issues include confusion in navigating the application, a suer interface
that complicates the reading of provided information, and the presence of redundant features
within the application. Given the various user complaints, it is necessary to undertake a redesign
of the interface with the aim of improving the usability of the Indonesian Auction Application.
Usability, as defined in the model proposed by Nielsen in 2012, includes five metrics: efficiency,
learnability, satisfaction, errors, and memorability. The redesign process will utilize the design
thinking method, which encompasses five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test.
This methodological approach will facilitate a user-centered redesign that addresses the core
usability issues highlighted by the application’s users. The data collected indicated that
respondents required a considerable amount of time to complete the eight tasks provided. Based
on this information, a redesign of the interface was carried out, followed by further usability
testing to assess improvement across the five usability metrics. The results demonstrated a
reduction in the time required for users to complete each task across three different sessions.
Specifically, the efficiency metrics showed an increase for each task, evidenced by the rise in
time-based efficiency scores, as measured by the single ease questionnaire, improved with 7 out
of 8 tasks scoring an average above 6. Furthermore, click errors decreased significantly, and
the memorability level of users increased as shown by the reduced time taken to complete tasks
across the three sessions. From these results, it is concluded that the interface redesign was
successful in enhancing the usability of the Indonesian Auction Application.
Keywords : Redesign, Design Thinking, Indonesian Auction Application, Mobile
User Interface, Usability Testing

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Redesign, Design Thinking, Indonesian Auction Application, Mobile User Interface, Usability Testing
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 May 2024 01:30
Last Modified: 30 May 2024 01:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39547

Actions (login required)

View Item View Item