AYUDYA, AZZAHRA GALIH (2024) IMPLEMENTASI METODE FUZZY AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) UNTUK REKOMENDASI PENENTUAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BAGI CALON PESERTA SELEKSI NASIONAL BERBASIS TES (SNBT). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (135kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (150kB) |
|
Text
PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (157kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL_AZZAHRA GALIH AYUDYA_123190104.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Mengikuti lembaga bimbingan belajar merupakan salah satu cara untuk menuntut ilmu
selain dalam lingkungan sekolah. Banyak alasan peserta didik dalam mengikuti lembaga
bimbingan belajar salah satunya adalah untuk menunjang pembelajaran dalam proses tes
masuk perguruan tinggi atau Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Dengan mengikuti
bimbel peserta didik dapat meningkatkan pemahaman materi pembelajaran secara keseluruhan, membantu ketertinggalan dalam pembelajaran, dan untuk mempersiapkan diri menghadapi
ujian. Namun keterbatasan informasi yang diberikan ke siswa ataupun orang tua menjadi
permasalahan yang banyak dialami dalam mencari lembaga bimbingan belajar sesuai
kebutuhannya. Oleh karena itu, diperlukan penerapan sistem pendukung keputusan untuk
membantu peserta didik dalam proses pemilihan lembaga bimbingan belajar untuk menunjang
dalam ujian SNBT. Untuk membantu proses pemilihan tersebut diperlukan sistem pendukung keputusan yang
dapat membantu dalam proses pemilihan lembaga bimbingan belajar dengan metode AHP dan
kombinasi Fuzzy berupa Triangular Fuzzy Number (TFN). TFN merupakan himpunan fuzzy
dalam interval-interval yang digunakan untuk memperluas fleksibilitas dalam pengambilan
keputusan bagi peserta didik dalam menilai kriteri-kriteria yang ada. Pada penelitian ini
menggunakan 5 kriteria, yaitu jarak, biaya, fasilitas, alumni lulusan SNBT, dan jumlah
pertemuan. Selain itu, terdapat 6 alternatif lembaga bimbingan belajar dalam penelitian ini. Hasil pengujian yang telah dilakukan membuktikan bahwa hasil perangkingan dapat
berbeda-beda antara pengguna karena perbedaan dalam penilaian kepentingan antar kriteria. Dengan Fuzzy AHP akan dilakukan penilaian perbandingan antar kriteria dengan lebih
fleksibel, kemudian dengan bobot antar kriteria akan dilakukan perankingan alternatif
sehingga menghasilkan rekomendasi yang dapat membantu siswa atau pengambil keputusan
dalam menentukan lembaga bimbingan belajar.
Kata kunci : Lembaga Bimbingan Belajar, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Sistem
Pendukung Keputusan, Fuzzy AHP
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembaga Bimbingan Belajar, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy AHP |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:19 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:19 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39391 |
Actions (login required)
View Item |