AMELIA, FIESTA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA BAKPIA PATHOK MANDIRI 214 PUSAT DI JALAN KALIURANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
2 Abstrak.pdf Download (52kB) |
|
Text
1 Skripsi Beltsazar Kenobi 1511900666_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
3 Cover (1).pdf Download (71kB) |
|
Text
4 Halaman Pengesahan.pdf Download (5MB) |
|
Text
5 Daftar Isi.pdf Download (30kB) |
|
Text
6 Daftar Pustaka.pdf Download (177kB) |
Abstract
Bakpia Pathok Mandiri 214 Pusat mengalami penurunan pendapatan dalam
empat bulan terakhir sehingga diperlukan strategi pengembangan usaha yang tepat
agar mampu bersaing. Tujuan dari penelitian untuk (1) mengidentifikasi faktor
internal dan eksternal, (2) menganalisis alternatif-alternatif strategi pengembangan
usaha dengan metode IE dan SWOT, dan (3) menganalisis strategi pengembangan
usaha yang tepat dengan metode analisis QSPM. Penelitian menggunakan metode
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, Focus Group Discussion (FGD), dokumentasi,
dan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, EFE,
SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor internal
kekuatan Bakpia Pathok Mandiri 214 Pusat yang memiliki skor tinggi yaitu selalu
rutin dalam melakukan pengecekan bahan baku; pemasaran online aktif melalui
media sosial serta sering melakukan paid promote; pembukuan keuangan rutin;
bakpia selalu fresh from oven; dan tidak menghasilkan limbah. Sedangkan skor
kelemahan tertinggi yaitu kecacatan produk masih ditemukan (kulit yang terlalu
tebal). Faktor eksternal peluang tertinggi yaitu memiliki lebih dari 1 supplier
bahan baku, sedangkan untuk ancaman tertinggi yaitu semakin ketat persaingan
(banyak usaha bakpia besar yang semakin inovatif). (2) Alternatif strategi pada
usaha ini yaitu membuat inovasi produk, mengubah kemasan menjadi kekinian
dengan ide-ide kreatif, membuat promo diskon dan potongan ongkir yang
menarik, dan membuat stand di kawasan wisata Kaliurang dan Merapi. (3)
Strategi yang paling tepat adalah strategi membuat inovasi produk. Bakpia Pathok
Mandiri 214 Pusat perlu melakukan inovasi produk agar dapat mengatasi rasa
kebosanan konsumen terhadap bakpia sehingga menambah daya tarik pembeli dan
menawarkan produk yang lebih baik dari pesaingnya.
Kata kunci: bakpia, IE, IFE, EFE, strategi, SWOT, QSPM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bakpia, IE, IFE, EFE, strategi, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 02:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38796 |
Actions (login required)
View Item |