SOLIMA, AFRI GOPALTRA (2023) KAJIAN GEOMETRI JALAN ANGKUT TERHADAP KESELAMATAN KERJA DI PT SEMEN PADANG BUKIT KARANG PUTIH SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
Afri Gopaltra Solima_Cover Skripsi.pdf Download (138kB) |
|
Text
Afri Gopaltra Solima_Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
Afri Gopaltra Solima_Daftar Isi.pdf Download (204kB) |
|
Text
Afri Gopaltra Solima_Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) |
|
Text
Afri Gopaltra Solima_Halaman Pengesahan.pdf Download (240kB) |
|
Text
Afri Gopaltra Solima_Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PT Semen Padang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
pertambangan batu gamping. Perusahaan ini berada di Bukit Karang Putih,
Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi
Sumatera Barat dengan IUP yang dimiliki seluas 329 ha. Sistem penambangan
yang diterapkan adalah tambang terbuka dengan metode quarry.
Dalam pelaksanakan kegiatan operasi penambangan, alat yang digunakan
dalam kegiatan pengangkutan yaitu Dump Komatsu HD 785-7. Walaupun tidak
ada kecelakaan tetapi masih terdapat potensi bahaya pada kegiatan pengangkutan.
Pada kegiatan pengangkutan ditemukan potensi tidak aman, perlu dilakukan
manajemen resiko. Manajemen resiko yang digunakan pada penelitian ini adalah
Hazard identification, risk assessment, and determine control (HIRADC).
Identifikasi masalah pada kegiatan pengangkutan pada lokasi penelitian
merupakan langkah awal yang dilakukan untuk kemudian dilakukan penilaian
resiko dan pengendalian resiko.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan didapatkan bahaya pada kegiatan
pengangkutan sebanyak 3 kasus yaitu safety berm tidak sesuai standar, lebar jalan
lurus tidak sesuai standar dan grade jalan yang tidak sesuai standar. Dari bahaya
tersebut ditemukan 2 bahaya risiko tingggi dan 1 bahaya resiko sedang. Dari hasil
potensi risiko tersebut perlu dilakukan manajemen risiko.
Usulan teknis pada penelitian ini berguna untuk mengurangi bahaya dan
meminimalisir potensi risiko pada kegiatan pengangkutan. Adapun usulan
pengendalian risiko pada kegiatan pengangkutan adalah membuat perhitungan
lebar jalan lurus menurut ASSHTO berdasarkan lebar alat angkut sebesar 6,885
m, maka didapatkan lebar jalan angkut untuk 2 jalur yaitu sebesar 24,1 m,
menurunkan grade jalan dan memenuhi standar grade jalan menurut Kepmen
ESDM No. 1827 tahun 2018 yaitu 12% dan perbaikan tinggi safety berm untuk
jalan pada lokasi penelitian sebesar 1,95 m.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 06:59 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 06:59 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38787 |
Actions (login required)
View Item |