EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI C-ACCESS DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH

BARIDHWAN, HAYDAR DZAKY (2024) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI C-ACCESS DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Daftar isi.pdf] Text
Daftar isi.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Penguji.pdf] Text
Lembar Pengesahan Penguji.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

C-Access adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia.
Aplikasi ini merupakan pengembangan dari KRL Access, yang saat ini masih dalam tahap
early access. C-Access bertujuan mempermudah pengguna KRL dalam mendapatkan
informasi terkait KRL dengan lebih cepat dan mudah. Namun, sebagai aplikasi baru yang
baru dirilis secara soft launching, C-Access tidak lepas dari bug dan kesalahan, terutama
yang bisa mengganggu pengalaman pengguna. Selain itu, aplikasi sebelumnya, KRL Access,
memiliki rating yang cukup rendah. Oleh karena itu, diperlukan analisis pengalaman
pengguna untuk mengetahui permasalahan dan memberikan saran perbaikan untuk C-Access. Penelitian ini menggunakan metode Cognitive Walkthrough, yaitu metode yang
dilakukan bersama evaluator dengan memberi skenario tugas dan pertanyaan untuk
menemukan masalah yang dialami pengguna saat menggunakan aplikasi. Evaluator dalam
penelitian ini dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu tiga orang yang belum pernah
menggunakan aplikasi, satu orang yang menggunakan aplikasi, dan satu orang yang
memahami dan rutin menggunakan aplikasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa masih
terdapat beberapa permasalahan yang harus segera diselesaikan karena aplikasi tidak
memberikan umpan balik yang benar pada beberapa fitur seperti stasiun terdekat dan info
stasiun. Perbaikan ini penting untuk meningkatkan fungsi dan kepuasan pengguna dari
aplikasi C-Access.
Kata kunci: C-Access, User Experience, Cognitive Walkthrough

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: C-Access, User Experience, Cognitive Walkthrough
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:42
Last Modified: 12 Jan 2024 07:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38658

Actions (login required)

View Item View Item