PROSES PENERIMAAN PESAN CALON NASABAH TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI SALES MARKETING BTPN DALAM MEMPERKENALKAN APLIKASI JENIUS DI KOTA YOGYAKARTA

Kinasih, Sekar Putri (2023) PROSES PENERIMAAN PESAN CALON NASABAH TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI SALES MARKETING BTPN DALAM MEMPERKENALKAN APLIKASI JENIUS DI KOTA YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_15319001_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf] Text
COVER_15319001_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of ABSTRAK_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf] Text
ABSTRAK_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf] Text
DAFTAR ISI_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Skripsi FULL TEXT_153190011Sekar Putri Kinasih.pdf] Text
Skripsi FULL TEXT_153190011Sekar Putri Kinasih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN_153190011_SEKAR PUTRI.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN_153190011_SEKAR PUTRI.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan
oleh Bank BTPN dalam memperkenalkan aplikasi Jenius kepada calon nasabah.
Penelitian ini fokus pada dua jalur pengolahan pesan dalam teori Elaboration
Likelihood Model (ELM): jalur pusat (central) dan jalur periferal (peripheral).
Strategi komunikasi melibatkan pendekatan langsung oleh sales marketing dan
pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram. Metode penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan wawancara kepada sales marketing. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi komunikasi langsung menggunakan pendekatan
persuasif melalui sales marketing terbilang efektif dalam meningkatkan keaktifan
nasabah menggunakan aplikasi Jenius. Penerapan strategi ini tidak hanya
memberikan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan bagi nasabah, tetapi juga
berhasil bersaing dengan bank konvensional lainnya. Di sisi lain, pemanfaatan
media sosial Instagram dapat menciptakan daya tarik yang lebih besar untuk
memberikan informasi rinci tentang fitur-fitur Jenius serta promo-promo yang
tersedia. Penelitian ini memberikan kontribusi pemahaman mendalam tentang
strategi komunikasi dalam konteks perbankan digital dan dapat menjadi acuan bagi
Bank BTPN atau lembaga sejenis dalam mengoptimalkan upaya pemasaran aplikasi
finansial modern. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan wawasan tambahan
bagi penelitian lanjutan yang menggunakan teori ELM dalam memahami faktor�faktor yang memengaruhi keputusan penggunaan aplikasi finansial.
Kata kunci: Sales Marketing, Strategi Komunikasi, Instagram

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sales Marketing, Strategi Komunikasi, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:16
Last Modified: 03 Jan 2024 02:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38528

Actions (login required)

View Item View Item