HUTAMA, ABDURRASYID (2023) ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA ALAT ANGKUT KOMATSU HD 785-7 PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT SENTUK, PT ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOBSITE MULTI HARAPAN UTAMA, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (211kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (177kB) |
|
Text
Draft Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PT Antareja Mahada Makmur (PT AMM) merupakan perusahaan
kontraktor yang bergerak dalam bidang jasa pertambangan yang ada di PT Multi
Harapan Utama (PT MHU). PT AMM memiliki empat fokus kegiatan yaitu
pengupasan lapisan tanah penutup (Overburden Removal), Penambangan batubara
(Coal Getting), Pengangkutan batubara (Coal Hauling), dan pemeliharaan jalan
(Road Maintenance). Khususnya pada pengupasan lapisan tanah penutup alat muat
yang digunakan adalah Komatsu PC 2000 kemudian untuk alat angkut yang
digunakan adalah Komatsu HD 785-7.
Permasalahan yang terjadi saat ini adalah konsumsi bahan bakar dan nilai
rasio bahan bakar pada alat angkut Komatsu HD 785-7 masih melebihi standar yang
ditentukan oleh perusahaan yakni 70 liter/jam dan untuk standar rasio bahan bakar
adalah 0,61 liter/BCM. Beberapa faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar
alat angkut adalah geometri jalan angkut, kondisi jalan angkut, dan jarak tempuh.
Pada pengamatan yang dilakukan langsung di lapangan didapatkan beberapa
segmen jalan angkut masih melebihi standar perusahaan yaitu 8% dan terdapat
amblasan jalan lebih dari 5 cm yang merupakan standar perkerasan jalan yang
dianjurkan perusahaan pada beberapa segmen jalan angkut.
Berdasarkan data aktual yang didapatkan di lapangan, konsumsi bahan
bakar aktual alat angkut Komatsu HD 785-7 adalah 75,53 liter/jam dan
produktivtias aktual alat angkut adalah 111,21 BCM/jam. Konsumsi bahan bakar
Komatsu HD 785-7 berdasarkan perhitungan rimpull adalah 72,13 liter/jam dan
untuk produktivitas berdasarkan perhitungan rimpull adalah 103,32 BCM/jam.
Sehingga rasio bahan bakarnya adalah 0,70 liter/BCM. Rasio bahan bakar alat
angkut aktual dan berdasarkan perhitungan rimpull masih belum memenuhi standar
yang ditentukan perusahaan. Upaya perbaikan konsumsi bahan bakar dapat
dilakukan dengan cara melakukan perbaikan pada jalan yang rusak sehingga
mengurangi besar amblasan tidak lebih dari 5 cm pada permukaan jalan angkut dan
menyesuaikan kemiringan jalan angkut dengan standar perusahaan yaitu ≤ 8%.
Sehingga dapat menekan konsumsi bahan bakar alat angkut menjadi 67,12 liter/jam
dan meningkatkan prouktivitas dari alat angkut menjadi 113,115 BCM/jam.
Sehingga nilai rasio bahan bakar alat angkut menjadi 0,59 liter/BCM yang artinya
telah memenuhi standar rasio bahan bakar yang diharapkan perusahaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengangkutan lapisan tanah penutup, konsumsi bahan bakar |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 08:38 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 08:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37687 |
Actions (login required)
View Item |