Antika, Rizqina Putri (2023) ANALISIS INTERAKSI PARASOSIAL PADA FANDOM TREASURE MAKER MELALUI APLIKASI WEVERSE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
| 
              
Text
 1. SKRIPSI LENGKAP_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2. ABSTRAK_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf Download (156kB)  | 
          |
| 
              
Text
 3. COVER_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf Download (131kB)  | 
          |
| 
              
Text
 4. LEMBAR PENGESAHAN_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf Download (203kB)  | 
          |
| 
              
Text
 5. DAFTAR ISI_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf Download (175kB)  | 
          |
| 
              
Text
 6. DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf Download (206kB)  | 
          
Abstract
Dalam kehidupan nyata, artis K-Pop merupakan sosok yang dianggap sulit 
dijangkau oleh penggemar. Namun, dengan media sosial memungkinkan artis K�Pop untuk lebih mudah dijangkau oleh penggemar. Ini menciptakan rasa 
keterlibatan dan kedekatan bagi penggemar, seolah-olah memiliki hubungan 
personal dengan idolanya. Namun, kedekatan yang terjalin di media sosial ini 
sebenarnya bersifat semu. Perilaku penggemar di media sosial terhadap idolanya 
mengarah pada interaksi parasosial yaitu interaksi semu yang hanya dirasakan 
penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana proses 
interaksi parasosial yang dijalani oleh fandom Treasure Maker melalui WeVerse. 
2) mengetahui aktivitas fandom Treasure Maker di WeVerse. Penelitian ini 
menggunakan teori The PSI-Process Scales dari Scharmm dan Hartmann. Metode 
penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan 
dengan observasi dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian, ditemukan 
bahwa proses interaksi parasosial yang dijalani oleh semua informan sebagai 
anggota dari fandom Treasure Maker melalui WeVerse melibatkan respons
psikologis di mana terlihat bahwa semua informan menunjukkan respons kognitif, 
respons afektif, dan respons behavioral pada saat menjalankan interaksi 
parasosialnya. Aktivitas fandom di WeVerse yang dilakukan oleh informan terdiri 
dari 6 aktivitas yaitu aktivitas fandom sebagai penerima dan pencari informasi, 
berinteraksi dengan Treasure sebagai idolanya, berinteraksi dengan sesama anggota 
fandom, fandom berperan sebagai sumber informasi bagi penggemar lain, 
penggunaan identitas virtual, dan membuat karya kreatif.
Kata Kunci: Interaksi Parasosial, Fandom, WeVerse, K-Pop
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Interaksi Parasosial, Fandom, WeVerse, K-Pop | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri | 
| Date Deposited: | 22 Sep 2023 06:42 | 
| Last Modified: | 22 Sep 2023 06:42 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37646 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
