MODEL MANAGEMENT RELATIONSHIP NASABAH BANK DAERAH MELALUI FUNGSI-FUNGSI KEHUMASAN (Studi Kasus pada Bank Pembangunan Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta)

WAHYUNINGSIH, SRI (2023) MODEL MANAGEMENT RELATIONSHIP NASABAH BANK DAERAH MELALUI FUNGSI-FUNGSI KEHUMASAN (Studi Kasus pada Bank Pembangunan Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of 1. TESIS FULL_SRI WAHYUNINGSIH.pdf] Text
1. TESIS FULL_SRI WAHYUNINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_ SRI WHAYUNINGSIH.pdf] Text
2. ABSTRAK_ SRI WHAYUNINGSIH.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 3. COVER_SRI WAHYUNINGSIH.pdf] Text
3. COVER_SRI WAHYUNINGSIH.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN_SRI WAHYUNINGSIH.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_SRI WAHYUNINGSIH.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI_SRI WAHYUNINGSIH.pdf] Text
5. DAFTAR ISI_SRI WAHYUNINGSIH.pdf

Download (486kB)

Abstract

ABSTRAK
Industri perbankan dalam praktiknya didirikan sebagai pondasi ekonomi
masyarakat yang menyediakan jasa keuangan yang diharapkan dapat memulihkan
dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional. Bank BPD
DIY yang memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah, sekaligus motor
percepatan pembangunan Daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Aparatur Sipil
Negara (ASN) DIY diwajibkan membuka rekening di Bank BPD DIY untuk
penyaluran gaji dan tunjangan, maka diperlukan management relationship
pelanggan (nasabah). Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model
management relationship nasabah bank Daerah melalui Fungsi-Fungsi
Kehumasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model management
relationship nasabah pada Bank BPD DIY dilakukan melalui tiga aspek, yang
pertama adalah memberikan layanan prima (service excellent) yang
diimplementasikan dengan menerapkan nilai-nilai utama Bank BPD DIY yaitu
Respek, Akurat, Modern, Amanah, dan Handal (RAMAH), menyediakan layanan
dana dan layanan kredit, mobile banking, dan customer service, serta call center.
Kedua, membangun kepuasan dan loyalitas nasabah melalui program-program
yaitu memberikan promo, giveaway, undian dan ucapan ulang tahun, serta
Corporate Social Responsibility. Ketiga, membangun hubungan baik dengan
nasabah melalui pemanfaatan media sosial seperti Instagram, facebook, twitter, dan
whatsapp broadcast, menyelenggarakan event, serta memberikan bantuan
sponsorship dalam bentuk produk dan uang tunai.
Kata Kunci: Management Relationship Nasabah, Fungsi Kehumasan, Corporate
Jasa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Management Relationship Nasabah, Fungsi Kehumasan, Corporate Jasa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:53
Last Modified: 22 Sep 2023 02:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37635

Actions (login required)

View Item View Item