YUBAIDI, ALTRARIQ WELFARE (2023) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PLATFORM KOGNISI.ID MENGGUNAKAN MODEL KANO. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (132kB) |
|
Text
SKRIPSI_124190054_ALTRARIQ WELFARE YUBAIDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di Indonesia setidaknya telah tercatat ada 210 perusahaan education technology.
salah satunya adalah Kognisi.id. Fakta banyaknya platform education technology yang
serupa tentunya mendorong Kognisi.id untuk mampu bersaing dalam mempertahankan
pelanggan diantara industri jasa yang sejenis. Hal tersebut dapat diwujudkan salah satunya
dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Fenomena khusus yang menimbulkan
kekhawatiran adalah rendahnya tingkat penyelesaian kursus di antara pelanggan terkhusus
pelanggan eksternal Kognisi.id atau pengguna selain karyawan Kompas Gramedia.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat analisis kepuasan pelanggan berupa fitur dan faktor
yang menjadi prioritas untuk dipertahankan dan ditingkatkan oleh pihak Kognisi.id agar
sesuai dengan kebutuhan dan harapan dari pelanggan Kognisi.id dengan menggunakan
metode analisis Kano. Metode Kano digunakan untuk mengkategorikan atribut apa yang
harus dipertahankan, ditingkatkan dan diperhatikan secara khusus untuk dapat memenuhi
kepuasan konsumen.
Tahap penelitian pertama yaitu identifikasi atribut yang ingin diuji dengan dimensi
yang diambil adalah kualitas produk, kualitas layanan, dan harga. Setelah melakukan
penyebaran kuesioner, tahap berikutnya adalah rekapitulasi dengan tabel evaluasi Kano.
Tahapan berikutnya adalah rekapitulasi dengan Blauth Formula. Dilanjutkan dengan tahap
perhitungan tingkat kepuasan dan ketidakpuasan. Tahapan selanjutnya adalah pembuatan
grafik penggambaran tingkat kepuasan tiap atribut, dan diakhiri dengan pembuatan
rekomendasi.
Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode Kano diketahui bahwa
perlu adanya peningkatan pada atribut keberagaman ketersediaan material pembelajaran,
kemudahan dan kecepatan web, kemudahan antarmuka, kualitas dan relevansi material
pembelajaran, Efektivitas tata letak, Responsivitas tim support platform, pembelajaran
sosial, warna serta branding, dan struktur harga dikarenakan atribut-atribut tersebut
dikategorikan sebagai one-dimensional. Selain itu, ada potensi meningkatnya kepuasan
pelanggan dengan hadirnya atribut Gamification dan Keseimbangan Metode Pembelajaran,
yang diklasifikasikan Attractive. Selanjutnya perlu dihindari atribut Penggunaan Iklan, yang
dikategorikan sebagai Reverse serta pemerhatian atribut pilihan bahasa di masa depan secara
berkala, karena ditemukan bahwa untuk saat ini fitur ini belum dibutuhkan namun bisa saja
berubah di masa depan karena atribut ini masuk dalam kategori Indifferent.
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Platfom Kognisi.id, Metode Kano
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pelanggan, Platfom Kognisi.id, Metode Kano |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 02:17 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 02:17 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37559 |
Actions (login required)
View Item |