PERENCANAAN CASING DESIGN DENGAN METODE MAXIMUM LOAD SUMUR RSH-3 LAPANGAN RSH

HIDAYAT, RASYID SOFYAN (2023) PERENCANAAN CASING DESIGN DENGAN METODE MAXIMUM LOAD SUMUR RSH-3 LAPANGAN RSH. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf] Text
2. Cover_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf] Text
3. Abstrak_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf] Text
5. Daftar Isi_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf

Download (26kB)

Abstract

Dalam perencanaan desain casing sumur RSH-3 pada Lapangan RSH yang
merupakan sumur delineasi lapangan gas, adapun data-data didapatkan dari sumur
sekitar offset well, dimana pada penelitian ini data yang digunakan adalah dari
sumur sekitar sebagai offset well.
Metode yang digunakan untuk design casing pada sumur “RSH-3” adalah metode
maximum load. Metode maximum load digunakan untuk memilih casing dengan
grade, nominal weight dan sambungan yang paling tepat digunakan. Beban yang di
tanggung oleh casing (burst, collapse, tension) disajikan dalam bentuk grafik,
berupa tekanan vs kedalaman. Kekuatan strength minimum pada suatu Casing
section digambarkan sebagai garis vertikal yang paling cocok dan benar untuk
beban suatu casing dimana terdapat beberapa tahapan yang harus di lakukan.
Berdasarkan perencanaan beban yang diterima casing (collapse load, burst load
dan tension load), maka dapat ditentukan jenis casing yang akan digunakan pada
setiap trayek pemboran. Pada trayek Drive Pipe (0 ft - 52 ft) menggunakan ukuran
Casing 20’’. Pada Surface Casing 13 3/8” yang dipasang pada kedalaman (0 ft –
980 ft) menggunakan Casing J-55; 61 ppf; BTC memiliki nilai safety factor adalah
Ni = 5,95, Nc = 2,64 dan Nj = 20,64. Pada Intermediate Casing 9 5/8” yang dipasang
pada kedalaman (0 ft – 4465 ft) dibagi menjadi 2 Section. Pada trayek ini Section
1 di kedalaman (0 ft – 3535 ft) menggunakan Casing J-55; 40 ppf; BTC memiliki
nilai Safety factor adalah Ni = 1,85, Nc = 1,13, dan Nj = 6,08 dan Section 2 di
kedalaman (3535 ft – 4465 ft) menggunakan Casing L-80; 40 ppf; BTC memiliki
nilai safety factor adalah Ni = 2,64 Nc = 1,17 dan Nj = 30,65. Pada Liner Production
7” yang dipasang pada kedalaman (4265 ft – 6500 ft) menggunakan Casing L-80;
26 ppf; BTC memiliki nilai safety factor adalah Ni = 2,38, Nc = 1.42, dan Nj =
13,21.
Kata kunci: desain casing, metode maximum load, safety factor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:40
Last Modified: 29 Aug 2023 01:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37243

Actions (login required)

View Item View Item