HIDAYAT, RASYID SOFYAN (2023) PERENCANAAN CASING DESIGN DENGAN METODE MAXIMUM LOAD SUMUR RSH-3 LAPANGAN RSH. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Full Text_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2. Cover_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf Download (90kB) |
|
Text
3. Abstrak_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf Download (94kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf Download (374kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf Download (214kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_113160151_Rasyid Sofyan Hidayat.pdf Download (26kB) |
Abstract
Dalam perencanaan desain casing sumur RSH-3 pada Lapangan RSH yang
merupakan sumur delineasi lapangan gas, adapun data-data didapatkan dari sumur
sekitar offset well, dimana pada penelitian ini data yang digunakan adalah dari
sumur sekitar sebagai offset well.
Metode yang digunakan untuk design casing pada sumur “RSH-3” adalah metode
maximum load. Metode maximum load digunakan untuk memilih casing dengan
grade, nominal weight dan sambungan yang paling tepat digunakan. Beban yang di
tanggung oleh casing (burst, collapse, tension) disajikan dalam bentuk grafik,
berupa tekanan vs kedalaman. Kekuatan strength minimum pada suatu Casing
section digambarkan sebagai garis vertikal yang paling cocok dan benar untuk
beban suatu casing dimana terdapat beberapa tahapan yang harus di lakukan.
Berdasarkan perencanaan beban yang diterima casing (collapse load, burst load
dan tension load), maka dapat ditentukan jenis casing yang akan digunakan pada
setiap trayek pemboran. Pada trayek Drive Pipe (0 ft - 52 ft) menggunakan ukuran
Casing 20’’. Pada Surface Casing 13 3/8” yang dipasang pada kedalaman (0 ft –
980 ft) menggunakan Casing J-55; 61 ppf; BTC memiliki nilai safety factor adalah
Ni = 5,95, Nc = 2,64 dan Nj = 20,64. Pada Intermediate Casing 9 5/8” yang dipasang
pada kedalaman (0 ft – 4465 ft) dibagi menjadi 2 Section. Pada trayek ini Section
1 di kedalaman (0 ft – 3535 ft) menggunakan Casing J-55; 40 ppf; BTC memiliki
nilai Safety factor adalah Ni = 1,85, Nc = 1,13, dan Nj = 6,08 dan Section 2 di
kedalaman (3535 ft – 4465 ft) menggunakan Casing L-80; 40 ppf; BTC memiliki
nilai safety factor adalah Ni = 2,64 Nc = 1,17 dan Nj = 30,65. Pada Liner Production
7” yang dipasang pada kedalaman (4265 ft – 6500 ft) menggunakan Casing L-80;
26 ppf; BTC memiliki nilai safety factor adalah Ni = 2,38, Nc = 1.42, dan Nj =
13,21.
Kata kunci: desain casing, metode maximum load, safety factor
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 01:40 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 01:40 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37243 |
Actions (login required)
View Item |