Strategi Corporate Social Responsibility PT. Bukit Asam (Persero) Dalam Mempertahankan Corporate Image . Corporate Social Responsibility (CSR)

DWIHASTUTI, ATIKA (2012) Strategi Corporate Social Responsibility PT. Bukit Asam (Persero) Dalam Mempertahankan Corporate Image . Corporate Social Responsibility (CSR). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Strategi
Corporate Social Responsibility
PT. Bukit
Asam (Persero) Dalam Mempertahankan
Corporate Image
.
Corporate Social
Responsibility
(CSR) saat ini telah menjadi isu
penting berkaitan dengan masalah
dampak lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan. Didukung dengan adanya
regulasi yang mewajibkan setiap perusahaan atau persero untuk melakukan
tanggung jawab sosial. Perusahaan meyakini bahwa dengan melakukan CSR
dapat memberikan manfaat seperti membangun dan mempertahankan citra
perusahaan maupun reputasi perusahaan. Untuk itu, pelaksanaan program CSR
yang dilakukan oleh perusahaan memerlukan suatu strategi agar program tersebut
berhasil, disamping menjaga hubungan baik dengan
stakeholders
perusahaan.
Strategi yang disusun oleh perusahaan pada
dasarnya bertujuan agar implementasi
CSR berjalan sesuai dengan ide dan konsep dasarnya. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui strategi CSR dalam mempertahankan
corporate image
. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kontrak Sosial dan Teori
Pertukaran Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan
data yang paling utama adalah dengan melakukan wawancara dan memanfaatkan
dokumen yang terkait dengan penelitian kemudian melakukan uji validitas dengan
triangulasi sumber data. Dari hasil pe
nelitian yang diperoleh menyatakan bahwa
PT. Bukit Asam dalam melaksanakan
Corporate Social Responsibility
menggunakan strategi CSR yang terbagi dalam tiga yaitu Pengembangan ekonomi
berkelanjutan, pengembangan infrastruktur dan lingkungan serta peningkatan
kapabilitas dan hubungan. Dimana pada ma
sing-masing strategi tersebut telah
ditentukan beberapa program strategi
s. Dalam pelaksanaan program-program
strategis tersebut, terdapat beberapa tahapan,yakni perencanaan, implementasi,
dan evaluasi. Perencanan strategi yakni
menentukan jenis kegiatan dari program
strategis yang dimulai dari pemetaan,
survey lapangan, dan penentuan jenis
kegiatan program strategis CSR, yang melibatkan pihak
stakeholders.
Pada
tahapan implementasi yakni melakukan pr
ogram strategis yang juga melibatkan
pihak
stakeholder.
Pada tahapan evaluasi diketahui ada beberapa program yang
belum terealisasi, diketahui kendala-ke
ndala, serta mengetahui manfaat dari
pelaksanaan strategi CSR yang diwujudkan
dalam program strategis. Dari hasil
penelitian ini diketahui bahwa dengan menetapkan strategi CSR dapat
mempertahankan citra perusahaan PT. Bukit Asam yang positif.
ABSTRACT
The title of this research is
Strategy of Corporate Social Responsibility PT.
Bukit Asam (Ltd.)in Defending Corporate Image.
Recently,
Corporate Social
Responsibility (CSR) has been a significant issue related to the environmental
impact in continuous improvement. There is a regulation that obligate each
corporation or shareholder to do social
responsibility. A corporation convinces
that with CSR, it will give profit such as to build and defends its image and
reputation. With the result that, each corporation needs a strategy to realize the
program, despite bound in honour of the stakeholders. Fundamentally, a strategy
of a corporation is arranged to achieve a success in implementation of the program
as its planning. The objective of this research is to know strategy of corporate
social responsibility in defending corporate image. In this research, the researcher
used Social Contract theory and Social Alternation theory. This research used
qualitative method. The way of the main collecting data is do interview and used
documents related to the research then do
validity test with triangulation of the
source data. The result of the research averred that PT. Bukit Asam used three
kinds of Corporate Social Responsibilit
y (CSR) strategy. Which are; continuous
economic development, infrastructure and environment development, and
capability and connection deve
lopment. Which each strategy has been determined
some strategic programs. To realize the strategic programs, there are some steps
which are; planning, implementation, and evaluation. Planning of strategy is to
determine kind activity of the strategic program that started from mapping,
observation, and determination of kind CSR strategic program that engage to
stakeholders. In step of implementation is do strategic program that also engage to
stakeholder. Whereas, in evaluation is known there are some unrealized programs,
constraints, and also the advantages of CSR
realization. The result of this research
is known that with CSR realization can defend positive image of PT. Bukit Asam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:28
Last Modified: 15 Jun 2016 01:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item View Item