WULANSARI, HASTA NIRMAYA (2012) xiv STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WORD OF MOUTH PADA KELOMPOK PEMASAR AYAM CEMANI SUPER DI KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENJARING KONSUMEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
| Preview | Text cover dan abstrak.pdf Download (200kB) | Preview | 
Abstract
ABSTRAK
Mitos  ayam  cemani  super  sebagai  pembawa  hoki  dan  penangkal  makhluk 
ghaib
menjadikan  ayam  ini  istimewa.  Diperdagangkan  dengan  menganut  prinsip  ekonomi 
yaitu  adanya  kelangkaan  yang  mengakibatkan  harga  melambung  tinggi. 
Dipasarkan 
oleh kelompok pemasar  ayam cemani super di 
Kabupaten Temanggung
yang terdiri 
dari   produsen   dan   penyalur.
Word   of   mouth
merupakan   satu
-
satunya   strategi 
komunikasi pemasaran  yang dipakai untuk menjaring konsumen.  Disamping prinsip 
ekonomi  yang  mel
ekat  pada  produk  ini,
sistem  perdagangan  kelompok  pemasar
ayam cemani super 
membuat harga ayam cemani super yang mahal menjadi semakin 
mahal. Hal tersebu
t merupakan permasalahan dalam penelitian. Tujuan penelitian ini 
untuk  mengetahui  penerapan  strategi  ko
munikasi  pemasaran 
word  of  mouth
pada 
kelompok pemasar
ayam cemani super di 
Kabupaten Temanggung
dalam menjaring 
konsumen.
Penelitian  ini  menggunakan  teori  perencanaan  Charles  Berger. 
M
etode 
yang digunakan adalah 
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan 
data  diperoleh  dari  hasil  wawancara  dan  observasi.  Validitas  data  menggunakan 
triangulasi  data.  Berdasarkan  hasil  penelitian  diperoleh  kesimpulan  bahwa  strategi 
penyampaian pesan 
komunikasi pemasa
ran 
word of mouth
melalui tiga tahap. Tahap 
pertama   perencanaan   pemasaran   dengan   menetapkan   peraturan   jual   beli   yang 
mengikat   kelompok   pemasar   dan   konsumen, 
Selain   itu   dari   pihak   kelompok 
pemasar, yaitu produsen dan 
penyalur 
merencanakan beberapa hal seper
ti menggoda 
konsumen    dengan    kelangkaan,    menggunakan    kekuatan    cerita    mitos,    dan 
endorsement
konsumen   besar.   Tahap   kedua   pelaksanaan   strategi 
komunikasi 
pemasaran 
word   of   mouth
kelompok   pemasar   ayam   cemani   super
melakukan 
beberapa    kegiatan    yang    dimaksudkan    u
ntuk    memuaskan    konsumen    seperti 
rekomendasi  paranormal,  menjaga  rahasia  konsumen,  memberikan  produk  terbaik, 
test laboratorium, dan menerima pengembalian ayam cemani super yang tidak sesuai. 
Selain kegiatan pemasaran 
tersebut
, 
kelompok pemasar biasanya
mel
akukan kegiatan 
internal  yang  bertujuan  untuk  mempererat  kerjasama  seperti  jagongan 
pra
jual  dan 
pacsa  jual.  Kegiatan  itu  membahas  masalah  ketersediaan  produk  dan  bagi  hasil. 
Tahap  ketiga  evaluasi  membahas  kegiatan  yang 
telah  dilakukan  selama  proses  jual 
b
eli,  kegiatan  yang  dilakukan  selama  pencarian  hingga  transaksi.  Apabila  terdapat 
masalah  yang  merugikan  salah  satu  pihak  maka  kelompok  pemasar  akan  segera 
menyelesaikannya.
Keywords: Ayam Cemani Super, 
word of mouth
, mitos, marketing, penyalur
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management | 
| Depositing User: | Muji Isambina | 
| Date Deposited: | 14 Jun 2016 06:59 | 
| Last Modified: | 14 Jun 2016 06:59 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3703 | 
Actions (login required)
|  | View Item |