LANGIT, LINTANG AYU SEKAR (2023) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Produk Bundling Somethinc dan Photocard NCT Dream). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAKSI - LINTANG AYU.pdf Download (290kB) |
|
Text
COVER - LINTANG AYU.pdf Download (113kB) |
|
Text
DAFTAR ISI - LINTANG AYU.pdf Download (200kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LINTANG AYU.pdf Download (443kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_Lintang Ayu.pdf Download (279kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL_LINTANG AYU.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Lintang Ayu Sekar Langit, Nomor Mahasiswa 152190042, Program Studi
Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmus Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Fear of
Missing Out dan Brand Ambassador terhadap Minat Beli dan dampaknya pada
Keputusan Pembelian (Studi pada Produk Bundling Somethinc dan Photocard NCT
Dream), 2023. Dosen Pembimbing Susanta dan Lukmono.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Fear of Missing Out
dan Brand Ambassador terhadap Minat Beli dan dampaknya pada Keputusan
Pembelian. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik
sampling yang digunakan yaitu Non-Probability Sampling dengan metode
Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Statistik
Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial menggunakan metode SEM (Structural
Equation Modelling) dengan menggunakan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Fear of Missing Out berpengaruh
signifikan terhadap Minat Beli, Brand Ambassador berpengaruh signifikan
terhadap Minat Beli, Fear of Missing Out berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian, Brand Ambassador berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian, Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian, Fear of Missing Out berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian melalui Minat Beli, Brand Ambassador berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian melalui Minat Beli.
Berdasarkan hasil penelitian, Somethinc diharapkan dapat memperhatikan
kembali hal-hal yang dapat memicu rasa FOMO seseorang khususnya dalam
memberikan bonus produk. Cara yang dapat dilakukan adalah Somethinc dapat
melakukan riset pasar kembali mengenai hal apa yang dapat membuat konsumen
tertarik dan takut tertinggal untuk membeli suatu produk. Hal ini dapat dilakukan
untuk memberikan bonus produk untuk konsumen sehingga meningkatkan minat
beli dan keputusan pembelian. Somethinc diharapkan dapat memperhatikan
penampilan brand ambassador yang dipilih. Cara yang dapat dilakukan yaitu
Somethinc perlu memperhatikan dan memberi evaluasi kepada brand ambassador
supaya dapat menampilkan iklan dengan lebih menarik untuk meningkatkan minat
beli konsumen. Pihak Somethinc juga dapat memperhatikan penampilan fisik atau
style dari brand ambassador yang digunakan untuk menarik konsumen. Selain itu,
Somethinc perlu memperhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan keputusan
pembelian konsumen. Hal ini penting untuk diperhatikan pihak Somethinc supaya
dapat melihat apa saja pertimbangan konsumen ketika memutuskan membeli suatu
produk.
Kata Kunci: Fear of Missing Out, Brand Ambassador, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fear of Missing Out, Brand Ambassador, Minat Beli, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 02:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 02:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36698 |
Actions (login required)
View Item |