STRATEGI BRANDING SDIT ALAM NURUL ISLAM DALAM MEMBANGUN BRAND SEKOLAH ALAM BERKARAKTER ISLAMI DI YOGYAKARTA

Nisa’, Wafa’ Sholihatun (2023) STRATEGI BRANDING SDIT ALAM NURUL ISLAM DALAM MEMBANGUN BRAND SEKOLAH ALAM BERKARAKTER ISLAMI DI YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf] Text
ABSTRAK - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of COVER - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf] Text
COVER - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf] Text
DAFTAR ISI - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf] Text
SKRIPSI FULL - WAFA' SHOLIHATUN NISA' 154190030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Branding merupakan strategi yang perlu dilakukan oleh seluruh lembaga, termasuk
lembaga pendidikan. Banyaknya jumlah Sekolah Dasar (SD) di Provinsi DIY
menjadikan persaingan lembaga pendidikan semakin kompetitif sehingga branding
harus dilakukan untuk mempertahankan eksistensi sekolah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana strategi branding SDIT Alam Nurul Islam dalam
membangun brand Sekolah Alam Berkarakter Islami di Yogyakarta. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan model Proses
Manajemen Public relations yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip, Allen H.
Center, dan Glen M. Broom. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan
bahwa dalam membangun brand sekolah alam, SDIT Alam Nurul Islam
melakukannya melalui proses identifikasi masalah sehingga diketahui berbagai
permasalahan terkait pendidikan. Selanjutnya SDIT Alam Nurul Islam melakukan
perencanaan melalui penyusunan kurikulum operasional. Adapun guna mengatasi
masalah yang ada sekaligus membangun brand sekolah alam, dalam
implementasinya dikemas melalui pelaksanaan kegiatan rutin Outbound, Berenang,
Berkebun, Beternak, Outing, dan banyak melakukan proses pembelajaran di luar
kelas atau di alam. Dalam aktivitas komunikasi untuk menunjang branding, SDIT
Alam Nurul Islam turut melakukan publikasi melalui media sosial. Adapun proses
evaluasi program dilakukan SDIT Alam Nurul Islam secara berkala dari persiapan,
selama, dan setelah kegiatan berlangsung.
Kata Kunci: Strategi Branding, Sekolah Alam, SDIT Alam Nurul Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Branding, Sekolah Alam, SDIT Alam Nurul Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:11
Last Modified: 10 Jul 2023 08:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36376

Actions (login required)

View Item View Item