PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP KONTEN INSTAGRAM AKUN @DINPARBANTUL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN BANTUL

GUSTAMA, ALFIAN TRI (2023) PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP KONTEN INSTAGRAM AKUN @DINPARBANTUL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf] Text
2. Cover_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf] Text
3. Abstrak_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf] Text
5. Daftar Isi_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf

Download (947kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153160112_Alfian Tri Gustama.pdf

Download (137kB)

Abstract

Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada
tahun 2020 berimbas kepada menurunnya kunjungan wisatawan pada
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sehingga masyarakat beralih
menggunakan teknologi dalam mengakses informasi dan promosi
pariwisata. Portal Instagram @dinparbantul merupakan salah satu dari
sekian akun yang dikelola oleh Dinas Pariwisata yang menyajikan konten
mengenai informasi, promosi dan kebijakan terkait destinasi pariwisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi followers
terhadap konten Instagram @dinparbantul sebagai media promosi
pariwisata pada Kabupaten Bantul dan untuk mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi persepsi followers. Jenis penelitian ini ialah
penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan
teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam atau Indepth
interview serta mengkaji dokumen dan arsip. Model kerangka berpikir
yang digunakan untuk mengetahui persepsi followers ialah Model
Attention, Interest, Search, Action, Share (A-I-S-A-S). Hasil dari
penelitian ini adalah perlunya evaluasi Dinas Pariwisata Bantul dalam
memberikan dan mengembangkan konten informasi dan promosi karena
belum benar benar teruji seperti yang diharapkan oleh elemen pariwisata
karena persepsi pada followers hampir belum merasakan promosi terutama
melalui media sosial lain seperti Youtube dan website jelajahbantul
meskipun sudah banyak inovasipada konten. Persepsi followers tersebut
dapat dijadikan tolak ukur dalam meningkatkan promosi agar dapat
diketahui oleh khalayak umum.
Kata Kunci: Persepsi, Followers, Konten Instagram, Media Promosi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Followers, Konten Instagram, Media Promosi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:03
Last Modified: 27 Jun 2023 03:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36215

Actions (login required)

View Item View Item