Media Sosial Linkedin sebagai Platform Personal Branding Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan

Wiguna, Gayuh Laksono (2023) Media Sosial Linkedin sebagai Platform Personal Branding Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap Gayuh Laksono Wiguna.pdf] Text
Skripsi Lengkap Gayuh Laksono Wiguna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK
Semakin ketatnya persaingan kerja yang dihadapi oleh fresh graduate di era digital
seperti sekarang, membuat fresh graduate sadar dan memutuskan untuk
menggunakan media sosial Linkedin sebagai platform utamanya dalam
membangun personal branding demi tujuan untuk mendapatkan pekerjaan ketika
lulus dari dunia perkuliahan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui
bagaimana cara fresh graduate dalam membangun personal branding di Linkedin
untuk mendapatkan pekerjaan, cara menyusun pesan di Linkedin, dan personal
branding yang dibangun di Linkedin dapat menarik perhatian dari recruiter atau
tidak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
menggunakan paradigma konstruktivisme serta teori yang digunakan adalah teori
logika mendesain pesan Barbara O’Keefe dan konsep personal branding Peter
Montoya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara indepth
interview dan observasi. Hasil penelitian menemukan bahwa profil Linkedin
sembilan fresh graduate dikunjungi oleh recruiter, tetapi hanya ada dua orang yang
ditawarkan pekerjaan, dan empat lainnya mendapatkan pekerjaan dari Linkedin.
Hal tersebut jika dikaitkan dengan pernyataan tiga recruiter dalam penelitian ini,
terdapat lima aspek utama yang harus diperhatikan apabila ingin direkrut. Di
antaranya menggunakan foto profil profesional, menuliskan headline sesuai dengan
minat karirnya, mengisi bagian pengalaman dengan detail dan jelas, menampilkan
latar belakang pendidikan terakhirnya, serta mahir dalam bahasa asing, terutama
bahasa Inggris. Tetapi hal fundamental yang membuat fresh graduate dalam
penelitian ini ditawarkan pekerjaan bahkan bisa mendapatkan pekerjaan dari
Linkedin adalah pada bagian pengalaman. Semakin pengalaman yang ditampilkan
detail dan jelas, maka kesempatan untuk direkrut oleh recruiter akan lebih besar.
Kata kunci: Personal Branding, Linkedin, Fresh Graduate, Recruiter
ABSTRACT
The increasingly intense job competition faced by fresh graduates in the digital era
as it is now, makes fresh graduates aware and decide to use Linkedin social media
as their main platform in building personal branding for the purpose of getting a
job when they graduate from college. This research aims to find out how fresh
graduates build personal branding on LinkedIn to get a job, how to structure
messages on LinkedIn, and how personal branding built on LinkedIn can attract
the attention of recruiters or not. The type of research used is descriptive qualitative
using the constructivism paradigm and the theory used is Barbara O'Keefe's
message design logic theory and Peter Montoya's personal branding concept. Data
collection techniques in this study by means of in-depth interviews and
observations. The results of the study found that recruiters visited the LinkedIn
profiles of nine fresh graduates, but only two people were offered jobs, and four
others got jobs from LinkedIn. If this is related to the statements of the three
recruiters in this study, there are five main aspects that must be considered if you
want to be recruited. Among them are using a professional profile photo, writing
headlines according to their career interests, filling out the experience section in
detail and clearly, showing their latest educational background, and being
proficient in foreign languages, especially English. But the fundamental thing that
makes fresh graduates in this research offered jobs and can even get jobs from
LinkedIn is in the experience section. The more detailed and clear the experience
shown, the greater the chance to be recruited by the recruiter.
Key words: Personal Branding, Linkedin, Fresh Graduate, Recruiter

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Linkedin, Fresh Graduate, Recruiter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:32
Last Modified: 23 Jun 2023 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36132

Actions (login required)

View Item View Item