ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTIONS PENGGUNAAN APLIKASI VISITING JOGJA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE TECHNOLOGY 2 (UTAUT2)

MAULANY, GILBERT GIORALDO (2023) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTIONS PENGGUNAAN APLIKASI VISITING JOGJA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE TECHNOLOGY 2 (UTAUT2). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of A. SKRIPSI_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf] Text
A. SKRIPSI_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[thumbnail of B. COVER_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf] Text
B. COVER_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of C. PENGESAHAN_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf] Text
C. PENGESAHAN_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf] Text
D. ABSTRAK_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of E. DAFTAR ISI_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf] Text
E. DAFTAR ISI_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA_Apriza Fildza Ghassani_114180039.pdf

Download (231kB)

Abstract

Pariwisata mengalami banyak inovasi salah satunya pada bagian tiket, dimana
banyak tempat wisata yang sudah bisa di reservasi secara online. Dinas Pariwisata Daerah
Istimewa Yogyakarta berinovasi untuk memfasilitasi kemudahan dalam pariwisata yaitu
dengan membuat aplikasi Visiting Jogja. Aplikasi ini berguna sebagai penyedia informasi
dan penjualan tiket wisata yang berada di dalam wilayah Provinsi Yogyakarta. Aplikasi ini
tersedia di Appstore dan di Playstore yang telah di download sebanyak 10.000 lebih, hal ini
berbanding terbalik dengan aplikasi wisata jogja lainnya seperti Jogja Istimewa dan
JogjaKita sama-sama yang telah di download sebanyak lebih dari 100.000 kali di Playstore.
Sehingga diperlukannya analisis untuk mengetahui mengapa bisa terjadi seperti demikian
agar bisa dijadikan evaluasi bagi dinas terkait.
Metode Unified Theory of Acceptance and Use Technology 2 (UTAUT 2)
merupakan gabungan dari beberapa metode penelitian yang berfokus pada perilaku
pengguna dengan tambahan variabel moderasi. UTAUT 2 memiliki 9 variabel yakni effort
expentacy (EE), performance expectancy (PE), social influence (SI), facilitating condition
(FC), hedonic motivation (HI), habbit (H), use behaviour (UB), behaviour intention (BI),
price value (PV). Dengan 3 buah variabel moderasi yaitu age, gender, dan experience. Data
yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna
aplikasi Visiting Jogja.
Hasil dari penelitian ini ada 3 indikator yang berpengaruh terhadap variabel
Behavioral Intention yaitu Performance Expectancy dengan nilai 2.186, Effort Expectancy
dengan nilai 2.222, dan Hedonic Motivation dengan nilai 3.095. Kemudian untuk variabel
Use Behavior terdapat 2 indikator yang berpengaruh yaitu Behavioral Intention dengan nilai
3.095 dan Habit dengan nilai 6.217.
Kata Kunci : UTAUT2, Behavioral Intention, Use Behavior, Visiting Jogja, Aplikasi
Pariwisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: UTAUT2, Behavioral Intention, Use Behavior, Visiting Jogja, Aplikasi Pariwisata
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 May 2023 07:53
Last Modified: 08 May 2023 08:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35034

Actions (login required)

View Item View Item