Potensi Lahan Kering untuk Pengembangan Padi Gogo Beras Merah di Daerah Istimewa Yogyakarta

Partoyo, Partoyo and Syamsiar, Siti and Dessyanto B.P, Dessyanto B.P (2015) Potensi Lahan Kering untuk Pengembangan Padi Gogo Beras Merah di Daerah Istimewa Yogyakarta. In: Kongres dan Seminar Nasional HITI ke XI, 28-30 Oktober 2015, Universitas Brawijaya Malang.

[thumbnail of Partoyo_Potensi Lahan Kering DIY_HITI Malang_Oktober 2015.pdf] Text
Partoyo_Potensi Lahan Kering DIY_HITI Malang_Oktober 2015.pdf - Presentation

Download (1MB)
[thumbnail of Partoyo_Paper_Kongres dan Seminar Nasional HITI_Malang_28-30 Oktober 2015.pdf] Text
Partoyo_Paper_Kongres dan Seminar Nasional HITI_Malang_28-30 Oktober 2015.pdf

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan potensi pengembangan padi gogo di lahan kering di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pengembangan padi gogo di lahan kering ini menjadi penting di DIY karena produksi pangan di lahan sawah irigasi menghadapi ancaman alih fungsi lahan yang sangat tinggi. Selain itu, lahan pertanian kering di DIY
jauh lebih luas dibanding lahan pertanian sawah. Menurut BPS, luas lahan pertanian kering di DIY tahun 2011 mencakup lebih dari 160.000 hektar, sementara lahan pertanian sawah hanya mencakup kurang dari 57.000 hektar (BPS-DIY, 2013). Meskipun produktivitas lahan kering untuk budidaya tanaman pangan secara rata-rata adalah lebih rendah dibandingkan tanah sawah, namun luasan yang jauh lebih besar dapat menjadi peluang yang dapat dikembangkan untuk mendukung penguatan ketahanan pangan. Adapun lahan kering yang dimaksud adalah lahan yang tidak mempunyai saluran irigasi (Prasetyo & Suriadikarta, 2006). Sifat atau karakter lahan kering tersebut menyebabkan terbatasnya macam komoditas tanaman pangan yang dapat dikembangkan. Salah satu komoditas pangan yang dapat berproduksi di lahan kering adalah padi gogo (Balitpa, 2004). Pengembangan padi gogo di lahan kering yang selama ini belum termanfaatkan dengan optimal dapat menjadi salah satu pilihan dalam penyediaan pangan khususnya beras. Mahalnya biaya membuka areal sawah baru, serta semakin terbatasnya peruntukan air irigasi padi sawah juga menyebabkan padi gogo menjadi penting untuk dikembangkan (Rachman et al., 2003). Penelitian ini memilih komoditas padi gogo beras merah untuk dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek kesesuaian lahan yang ada di kawasan lahan kering di DIY serta aspek ekonomi dari usahatani padi gogo beras merah.

Penelitian dilakukan dengan memetakan sebaran kesesuaian lahan untuk padi gogo berdasarkan data seri tanah DIY (LREPP II, 1995). Hasil evaluasi lahan tersebut kemudian
ditampilkan secara spasial dalam aplikasi SIG Pangan berbasis desa di DIY (Partoyo dkk, 2014). Berdasarkan klas kesesuaian lahannya, selanjutnya dilakukan uji penanaman padi gogo beras merah di lokasi terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lahan pertanian kering di DIY termasuk dalam klas S2 dan S3 untuk padi gogo dengan kendala utama ketersediaan air dan kesuburan tanah. Berdasarkan kesesuaian lahan tersebut kemudian dipilih dua lokasi yang masing-masing mewakili kelas kesesuaian lahan S2 dan S3. Di lokasi tersebut dilakukan uji lapang penanaman padi gogo beras merah varietas INPARI 24. Uji tanam dilakukan dengan perlakuan pemupukan sesuai dosis anjuran kabupaten dikombinaskan dengan pupuk kandang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman padi gogo beras merah di lahan S3 mampu menghasilkan 6,4 ton GKP/ha dan di lahan S2 menghasilkan 8,4 ton GKP/ha. Analisis R/C ratio menunjukkan usaha tani padi gogo beras merah layak diusahakan dengan nilai R/C ratio > 9 (dengan asumsi bila semua hasil dijual dalam bentuk beras). Data ini menunjukkan potensi yang baik bagi pengembangan padi gogo beras merah di lahan pertanian kering di DIY, bahkan dapat menjadi tambahan penghasilan bagi rumah tangga petani.

Kata kunci: padi gogo beras merah; kesesuaian lahan; lahan kering; ketahanan pangan; SIG

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: SP,MP,PhD PARTOYO PARTOYO
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:34
Last Modified: 04 Apr 2023 01:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33432

Actions (login required)

View Item View Item