KURNIAWAN, DONI (2016) PERENCANAAN DESAIN ULANG ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP (ESP) PADA SUMUR X DI LAPANGAN Y CHEVRON PACIFIC INDONESIA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Sumur X merupakan suatu sumur yang berada pada Lapangan Y milik
Chevron Pacific Indonesia. Lapangan Y tersebut secara geografis terletak pada
Blok Rokan PSC, berjarak sekitar 120 km dari Barat Laut Kota Pekanbaru, Provinsi
Riau. Sumur ini berproduksi pada Formasi Menggala pada interval perforasi 3816
– 3824 ft MD. Sejak pertama kali ia berproduksi, sumur ini telah menggunakan
metode pengangkatan buatan Electric Submersible Pump (ESP).
ESP yang digunakan saat ini ialah Centrilift P6/90 stages/38 HP Motor/60
Hz yang dipasang pada kedalaman 3739 ft. Laju produksi yang didapat dengan
menggunakan ESP tersebut adalah 625 blpd dengan besarnya perolehan minyak
71.88 bopd. Berdasarkan produktivitas formasinya, laju produksi yang diperoleh
pada sumur ini dianggap masih terlalu kecil. Oleh sebab itu, sesuai dengan
rekomendasi perusahaan, laju produksi pada sumur ini direncanakan untuk
ditingkatkan menjadi 2000 blpd. Dengan mengestimasikan harga Water Cut (WC)
sama seperti pada laju produksi saat ini (WC=88.5%), maka, laju produksi yang
akan didapat yaitu sebesar 230 bopd.
Sebenarnya, berdasarkan efisiensi pompa, ESP terpasang telah bekerja
sesuai dengan laju produksi yang diperoleh saat ini dengan besarnya efisiensi 57%.
Namun, karena laju produksi target sebesar 2000 blpd berada melebihi batas
optimal penggunaannya, maka, untuk mencapai laju tersebut, ESP terpasang perlu
diganti dan didesain ulang.
Berdasarkan pertimbangan mengenai efisiensi pompa, dari ESP yang
tersedia, Centrilift P18 dipilih karena memiliki efisiensi pompa paling tinggi (73%)
untuk laju 2000 bfpd yang diharapkan. Dengan menempatkan pompa pada
kedalaman 3716 ft, Total Dynamic Head (TDH) yang dibutuhkan yaitu sebesar
2197.39 ft. Berdasarkan TDH tersebut, maka jumlah stage yang dibutuhkan pada
penggunaan ESP ini adalah 122 stages. Motor FMH 450 Series/46 HP/1760 V/35
A dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan Brake Horse Power (BHP) pada
pompa dan seal section yang digunakan. Berdasarkan perhitungan teknis dan
dengan asumsi bahwa peralatan masih dalam kondisi baik, maka, kabel AWG#4,
switchboard Electrostart Model 33 MR-SSC, serta transformer dengan kapasitas
2400 V dan 75 KVA yang sebelumnya digunakan telah sesuai dengan kebutuhan
rencana desain ulang ESP pada Sumur X dan dapat digunakan kembali.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:11 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 04:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |