Ilfiana, Lia (2022) PENENTUAN RUTE DAN JADWAL DISTRIBUSI LPG MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA-TABU SEARCH UNTUK MEMINIMASI BIAYA TRANSPORTASI (Studi kasus di PT Sumber Rejeki Madani Utama, Borobudur, Magelang). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_122180105_Lia Ilfiana.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_122180105_Lia Ilfiana.pdf Download (150kB) |
|
Text
3. Abstrak_122180105_Lia Ilfiana.pdf Download (102kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_122180105_Lia Ilfiana.pdf Download (756kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_122180105_Lia Ilfiana.pdf Download (124kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_122180105_Lia Ilfiana.pdf Download (174kB) |
Abstract
PT Sumber Rejeki Madani Utama merupakan perusahaan yang bekerjasama
sebagai mitra dari PT Pertamina Persero Tbk dalam mendistribusikan Liquified Petroleum
Gas (LPG) 3 kg bersubsidi ke-268 pangkalan untuk wilayah kabupaten Magelang. Namun,
pelaksanaan proses distribusi tersebut masih belum optimal karena rute yang dilalui masih
menunjukkan biaya transportasi per kilometer yang dikeluarkan sopir cukup fluktuatif
setiap harinya, perusahaan juga harus mengirimkan produk serta mengambil tabung yang
kosong dari pangkalan, adanya kendala berupa kendaraan yang digunakan untuk distribusi
bersifat heterogen, serta perusahaan belum memaksimalkan kapasitas kendaraan dalam
pendistribusian. Selain itu, adanya ketidakseimbangan beban kerja antar sopir
menimbulkan kesenjangan pendapatan antar sopir. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk
menentukan rute dan jadwal pendistribusian LPG 3 kg yang optimal dengan
mempertimbangkan pickup and delivery problem, heterogeneous fleet, multiple trips, dan
split delivery untuk meminimasi biaya transportasi dan kesenjangan pendapatan antar sopir.
Pendekatan masalah penentuan rute optimal distribusi produk pada penelitian ini
diselesaikan dengan metode Algoritma Genetika (AG) dan Tabu Search (TS)
menggunakan bantuan perangkat lunak Matlab seri R2020a. Parameter AG yang digunakan
pada penelitian ini yaitu 100 populasi dan membutuhkan iterasi 15.000 dan seterusnya
untuk mencapai kondisi steady state. Hasil solusi dari AG, dilanjutkan menggunakan
algoritma TS dengan melakukan iterasi 15 untuk mencapai solusi yang konvergen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rute optimal yang diusulkan lebih baik
dibandingkan dengan kondisi awal perusahaan dalam hal total jarak yang ditempuh, biaya
transportasi yang dikeluarkan, dan jumlah trip yang dilakukan oleh sopir. Selain itu,
penugasan sopir yang diusulkan menunjukkan perbedaan pendapatan antar sopir yang lebih
minimal dibandingkan dengan kondisi awal perusahaan. Hasil tersebut berimplikasi pada
pengurangan biaya transportasi sebesar 36,81% dan kesenjangan pendapatan antar sopir
yang menurun sebesar 88,79% dibandingkan dengan rute awal perusahaan. Penelitian yang
dilakukan telah berkontribusi pada perbaikan sistem distribusi perusahaan dalam segi biaya
transportasi dan lebih menyeimbangkan beban kerja sopir.
Kata kunci: distribusi, pickup and delivery problem, heterogeneous fleet, multi trips,
split delivery, algoritma GA-TS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | distribusi, pickup and delivery problem, heterogeneous fleet, multi trips, split delivery, algoritma GA-TS |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 07:02 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 07:02 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30986 |
Actions (login required)
View Item |