RAHMAWAN, ABI KHAIRI (2022) CONTENT BASED IMAGE RETRIEVAL MENGGUNAKAN METODE CNN VGG16 UNTUK PENCARIAN MODEL SEPATU. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| ![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (71kB) | 
| ![[thumbnail of COVER.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (189kB) | 
| ![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) | 
| ![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6kB) | 
| ![[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (494kB) | 
| ![[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (503kB) | 
| ![[thumbnail of SKRSIPSI FULL_Abi Khairi Rahmawan_123150126.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text SKRSIPSI FULL_Abi Khairi Rahmawan_123150126.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | 
Abstract
Perkembangan e-commerce di Indonesia meningkat pada tahun-tahun terakhir. 
Dikatakan juga pada survey di 10 kota besar di Indonesia didapatkan 24% pengguna internet 
telah menggunakan e-commerce. Selain itu, Harsono (2016) menyatakan bahwa Indonesia 
memiliki potensi yang besar terhadap e-commerce di antara negara-negara Asia lainnya, 
dengan proyeksi pada tahun 2022 mendatang e-commerce Indonesia bernilai pasar US $130 
milyar yang artinya menjadi nomor tiga setelah Tiongkok dan India. 
Perkembangan trend sepatu saat ini lebih mengarah pada penggunaan model sepatu yang 
sedang trend pada saat sekarang ini, hal ini dapat dilihat dari setiap aktifitas manusia pada 
kegiatan sehari – hari memakai sepatu serba model lebih dominan ditemukan. Sebuah survey 
tentang trend belanja awal 2019 yang diambil dari 50.000 sampel pengguna yang bertransaksi 
di situs e-commerce dalam tiga bulan terakhir (November 2018-Januari 2019). Data tersebut 
menemukan mayoritas pria atau wanita membeli produk berupa fashion yaitu sepatu (Yosi, 
2019).
Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian dengan judul content based image retrieval 
menggunakan deep learning untuk pencarian model sepatu di situs e-commerce dapat 
meningkatkan akurasi pencarian sepatu dalam situs e-commerce dan menjadi salah satu 
alternatif pencarian sepatu bagi konsumen. 
Penerapan fitur pada Deep Learning menggunakan model VGG16 berhasil 
menghitung fitur ciri pada citra sepatu berdasarkan fitur warna, bentuk, dan fitur tekstur dan 
juga sistem temu kembali citra dapat memunculkan hasil citra yang relevan dan sesuai. Hal ini 
dibuktikan dengan pengujian model dengan mencari nilai persentase precision. tingkat 
keberhasilan sistem temu kembali citra sepatu diuji berdasarkan setiap kategorinya 
menggunakan pengujian subjektif didapatkan hasil 53.3%- 73.3%.
Tujuan: pembuatan sistem yang dibuat dapat melakukan pencarian model sepatu 
dengan input berupa gambar sepatu menggunakan metode Deep Learning menggunakan 
model VGG16, serta menguji tingkat akurasi pada penggunaan metode Deep Learning
menggunakan model VGG16 dalam mengenali pola sepatu dalam situs e-commerce.
Kata Kunci: Sepatu; Deep Learning; CNN VGG16
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sepatu; Deep Learning; CNN VGG16 | 
| Subjek: | Q Science > Q Science (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science | 
| Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani | 
| Date Deposited: | 20 Sep 2022 06:54 | 
| Last Modified: | 20 Sep 2022 06:54 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30985 | 
Actions (login required)
|  | View Item |