Sindutomo, Hasan Abdurrahman (2022) PENGARUH KONTEN REVIEW INSTAGRAM @INFODHAHARJOGJA TERHADAP MINAT BELI KULINER DI YOGYAKARTA (Studi Pada Pengikut Akun Instagram @infodhaharjogja). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153180078_Hasan Abdurrahman Sindutomo.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_153180078_Hasan Abdurrahman Sindutomo.pdf Download (138kB) |
|
Text
3. Abstrak_153180078_Hasan Abdurrahman Sindutomo.pdf Download (15kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153180078_Hasan Abdurrahman Sindutomo.pdf Download (214kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153180078_Hasan Abdurrahman Sindutomo.pdf Download (142kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153180078_Hasan Abdurrahman Sindutomo.pdf Download (73kB) |
Abstract
Saat ini pertumbuhan ekonomi kembali berkembang pesat setelah adanya pandemi
covid-19, sehingga mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Pelaku
bisnis harus mencari cara untuk dapat bersaing dan bertahan dengan bisnis sejenis.
Namun tidak banyak bisnis kuliner mengetahui strategi yang tepat dalam
mempromosikan produk mereka. Akun Instagram @infodhaharjogja menjadi akun
review yang dapat membantu mempromosikan beragam informasi seputar makanan
dan minuman di Yogyakarta. Di dalam konten review yang disajikan menggunakan
jenis komunikasi persuasif dengan mengemas berbagai foto dan video yang
informatif sehingga diasumsikan dapat membentuk minat beli. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui pengaruh konten review terhadap minat beli kuliner
pada pengikut akun @infodhaharjogja. Teori yang digunakan yaitu Logika Desain
Pesan dengan kerangka konsep berupa konten review dan minat beli. Metode yang
digunakan kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana.
Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Perhitungan jumlah
sampel menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 100 responden.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diketahui nilai koefisiensi
0,676 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil perhitungan analisis regresi linier
sederhana diperoleh nilai koefisiensi sebesar 0,595 yang menunjukkan terdapat
pengaruh positif antara konten review dan minat beli. Oleh karena itu, penelitian
menunjukan bahwa hasil uji signifikan T sebesar 9,077 sehingga dapat dijelaskan
bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai determinasi sebesar 0,457 yang
menjelaskan bahwa terdapat pengaruh antara konten review pada akun
@infodhaharjogja terhadap minat beli kuliner di Yogyakarta sebesar 45,7% melalui
indikator konten review; isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan.
Kata Kunci: Konten Review, Minat Beli, Komunikasi Persuasif, Promosi Kuliner
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Review, Minat Beli, Komunikasi Persuasif, Promosi Kuliner |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 07:25 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 07:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30280 |
Actions (login required)
View Item |