Pratama, Fatur Suryo (2022) PERENCANAAN PERSEDIAAN SUSU UHT ULTRAMILK DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA BERBASIS LOGIKA FUZZY UNTUK MEMINIMASI BIAYA PERSEDIAAN (Studi Kasus di Betta Swalayan, Kotagede, Yogyakarta). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
| ![[thumbnail of ABSTRAK Tugas Akhir II - Fatur Suryo Pratama.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK Tugas Akhir II - Fatur Suryo Pratama.pdf Download (50kB) | 
| ![[thumbnail of COVER Tugas Akhir II - Fatur Suryo Pratama.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER Tugas Akhir II - Fatur Suryo Pratama.pdf Download (91kB) | 
| ![[thumbnail of DAFTAR ISI Tugas Akhir II - Fatur Suryo Pratama.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI Tugas Akhir II - Fatur Suryo Pratama.pdf Download (54kB) | 
| ![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Tugas Akhir II - Fatur Suryo Pratama.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA Tugas Akhir II - Fatur Suryo Pratama.pdf Download (24kB) | 
| ![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN Fatur Suryo Pratama.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LEMBAR PENGESAHAN Fatur Suryo Pratama.pdf Download (647kB) | 
| ![[thumbnail of SKRIPSI FULL Fatur Suryo Pratama.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text SKRIPSI FULL Fatur Suryo Pratama.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | 
Abstract
xiv
ABSTRAK
Manajemen persediaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan di dalam 
usaha ritel. Tingkat profesional sebuah usaha ritel dapat dilihat dari sistem pengelolaan stok 
atau persediaan barang dagangannya, terlebih jika produk yang dijual adalah produk yang 
mudah rusak (perishable product). Pada gudang barang untuk Produk Susu UHT Ultramilk 
di Betta Swalayan masih terjadi penumpukan dan kehabisan stok dikarenakan jumlah 
kuantitas pemesanan yang terlalu besar dan keterlambatan pemesanan. Perlu adanya 
perbaikan dalam menentukan jumlah pemesanan dan waktu untuk memesan bahan baku 
kembali.
Beberapa metode yang dapat mengatasi permasalahan persediaan tersebut adalah 
metode model EOQ dan metode model inventory dengan integrasi algoritma genetika 
berbasis logika fuzzy. Dalam metode model inventory dengan integrasi algoritma genetika 
berbasis logika fuzzy akan terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan Customer Service Level
(CSL) perusahaan dan optimal biaya perusahaan. Masukkan yang digunakan untuk dengan 
integrasi algortima genetika berbasis logika fuzzy adalah fuzzy permintaan selama lead 
time, biaya persediaan, dan CSL perusahaan. Metode defuzzifikasi yang digunakan adalah 
metode Graded Mean Integration Based k Preference dan h-level untuk fungsi 
keanggotaan trapesium. Kedua metode ini akan dibandingkan untuk menentukan hasil 
mana yang paling optimal bagi perusahaan dengan biaya persediaan yang minimal. Di satu 
sisi metode model inventory yang terintegrasi algoritma genetika berbasis logika fuzzy akan 
menemukan jumlah pemesanan yang lebih optimal dan titik waktu kapan akan memesan 
kembali, dikarenakan pada metode model EOQ biasa belum memperhitungkan permintaan 
dari pelanggan yang sifatnya probabilistik.
Dari hasil perhitungan kedua metode diperoleh bahwa dengan menerapkan metode 
model inventory dengan integrasi algoritma genetika berbasis logika fuzzy maka akan 
menghasilkan biaya persediaan yang paling minimal bagi perusahaan. Metode inventory
dengan integrasi algoritma genetika berbasis logika fuzzy dinilai lebih baik dari metode 
model EOQ. Penurunan biaya persediaan dapat dilihat pada kesembilan belas produk, 
dimana biaya yang dikeluarkan lebih minimal dari metode model EOQ.
Kata kunci: manajemen, persediaan, kuantitas pemesanan, algoritma genetika, logika fuzzy, 
Customer Service Level, EOQ
xv
ABSTRACT
Inventory management is an important thing that must be considered in the retail 
business. The professional level of a retail business can be seen from the stock management 
system or merchandise inventory, especially if the product being sold is a perishable 
product. In the warehouse of goods for UHT Ultramilk Dairy Products in Betta Swalayan
there is still a buildup and out of stock due to the quantity of orders that are too large and 
delays in ordering. There needs to be an improvement in determining the number of orders 
and the time to order raw materials again.
Some methods that can resolve these inventory problems are the EOQ model 
method and the inventory model method with the integration of genetic algorithms based 
on fuzzy logic. In the inventory model method with the integration of genetic algorithms 
based on fuzzy logic will be divided into two types of method, namely based on the 
company's Customer Service Level (CSL) and optimal company costs. The input used for 
the integration of genetic algorithms based on fuzzy logic is fuzzy demand during lead time, 
inventory costs, and corporate CSL. The defuzzification method used is the Graded Mean 
Integration Based k Preference method and h-level for the trapezoid membership function. 
These two methods will be compared to determine which results are the most optimal for 
the company with minimal inventory costs. On the one hand the integrated inventory model 
method of genetic algorithms based on fuzzy logic will find a more optimal order number 
and the point of time when it will be ordered back, because the usual EOQ model method 
does not take into account requests from probabilistic customers.
From the results of the calculation of the two methods, it is obtained that by 
applying the integrated inventory model method of genetic algorithms based on fuzzy logic, 
it will produce the most minimal inventory costs for companies. The inventory method by 
applying the integrated inventory model method of genetic algorithms based on fuzzy logic
is considered better than the EOQ model method. Reduction in inventory costs can be seen 
in nineteen products, where costs are less than the EOQ model method.
Keywords: management, inventory, order quantity, genetic algorithm, fuzzy logic, 
Customer Service Level, EOQ
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | manajemen, persediaan, kuantitas pemesanan, algoritma genetika, logika fuzzy, Customer Service Level, EOQ | 
| Subjek: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases | 
| Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences | 
| Depositing User: | Eko Yuli | 
| Date Deposited: | 01 Jul 2022 02:55 | 
| Last Modified: | 01 Jul 2022 02:55 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30206 | 
Actions (login required)
|  | View Item |