i PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE TERHADAP MINAT MEMBELI HANDPHONE DI YOGYAKARTA (Studi tentang pengaruh terpaan iklan handphone pada website Kaskus terhadap minat beli anggota komunitas Kaskus Regio nal Yogyakarta)

PRAKOSO, FRANSISKUS CAHYO ADI (2011) i PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE TERHADAP MINAT MEMBELI HANDPHONE DI YOGYAKARTA (Studi tentang pengaruh terpaan iklan handphone pada website Kaskus terhadap minat beli anggota komunitas Kaskus Regio nal Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

xix ABSTRAK Handphone merupakan alat komunikasi yang dianggap penting sa at ini. Masyarakat membutuhkan alat ini karena cukup membantu dalam me mudahkan dalam berkomunikasi. Persaingan handphone saat ini sangat kompetitif dan semakin diminati. Banyak fasilitas dan fitur yang diberikan misalnya internet, dalam media internet ini banyak masyarakat yang sudah mengenal dan sudah dijangkau seluruh masyarakat. Saat ini media internet yang menyediaka n layanan untuk bermedia sosial, informasi, dan periklanan barang atau jasa. Kaskus merupakan website forum terbesar di Indonesia, yang menyediakan jasa berikl an untuk penggunanya yang telah mendaftar. Selain website untuk informasi dan berdiskusi terdapat fitur untuk berjualan atau menawarkan barang dan jasa. Kota Yog yakarta merupakan anggota regional kaskus terbesar di Indonesia. Dalam peneli tian ini apakah ada pengaruh kaskuser regional Yogyakarta terhadap iklan handphone pada website www.kaskus.us . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh man a tingkat membeli kaskuser regional Yogyakarta. Dalam hal ini dilihat dari berbagai aspek frekusensi, interaksi,dan intensitas dalam melakukan jelajah du nia maya, atau online. Untuk mengetahui sejauh mana frekuensi pengguna internet dalam mengakses website kaskus. Interaksi yang dilihat dalam menjelajahi du nia internet, dan intensitas responden dalam penggunaan internet. Melalui terpaa n minatbeli responden dilihat indikator melalui pencarian info, kedekatan atau me ngamati, keunggulan produk, kepercayaan, dan interaksi atau keputusan membeli. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang mengambil sampel 84 orang r esponden. Responden merupakan anggota terdaftar Kaskus regional Yogyaka rta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan regresi linear sederhana dengan program SPSS version 13.0 for windows . Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana menun jukkan adanya pengaruh positif antara terpaan iklan media online terhadap minat me mbeli anggota Kaskus regional Yogyakarta, Hasil analisis tersebut diperoleh koefi sien detreminan (r 2 ) sebesar 0,516. Dengan nilai koefisien determinan sebesar 0,516 me nunjukan bahwa variabel minat membeli anggota kaskus regional Yogyakarta sebesar 51.6% dan sisanya 48.4% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini diduga karena iklan handphone media online cukup efektif dan mendapatkan kepercayaan dari angg ota kaskus regional Yogyakarta. Hasil analisis ini menunjukkan peneliti an ini mendukung teori S-O-R pada populasi pengguna internet website www.kaskus.us terutama kaskuser regional Yogyakarta. xx ABSTRACT Handphone is a communication tool considered important in thi s recent era. Society needs the communication tool because it really help s them to communicate each other easily. Nowadays, handphone is really competitive and more interested. Then, it also provides a lot of the facilities and features, e.g. the internet sevice. There are a lot of people who have known the internet well because the internet has reached the society. In addition, there are a lot of internet medias whi ch provide the service to access the social media, the information, the goods and servic e advertisement. Kaskus is the largest website forum in Indonesia, which provides the advertisement service to its users who have registered themselves to the forum. Besides, kaskus is used as a website to obtain information and do the discussion . Then, in kaskus, there are some features used to sell products or to offer things a nd service. Yogyakarta is the largest regional member of kaskus in Indonesia. This research aims to find out what is the effect of kaskus users of Yogyakarta region toward the buying intere st of handpone in the website; www. kaskus.us. That case can be seen from various aspects of frequency, interaction, and intensity in discoverin g the online world. This research is observed through the use frequency in accessing kaskus website and through the interaction which is seen in discovering the intern et world and the respondents’ intensity of the use of internet. Then, the attack of the respondents’ buying interest is seen with the indicator through the info searching, the closeness, the observation, the product quality, the belief, and the interaction or buying decision. The type of the research is quantitative whose samples are eighty f our (84) respondents. The respondents are kaskus registered members of Yogyakarta region. The data a nalysis technique of this research is the correlation analy sis of product moment and simple regresion linear using SPSS program 13.0 version fo r windows. The result of hypothesis testing which uses the hypothesis of sim ple regresion linear shows the occurence of positive influence between the adverti sement attack of online media toward the buying interest of kaskus members in Yogyakarta region. That is presumed because the handphone advertisement of online media is effective enough and obtains the high trusty from kaskus members in Yogyakarta region. The result of the analysis shows that this research supports SOR theory in the population of internet users of www.kaskus.us, especially the kaskus users of Yogyakarta regional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:43
Last Modified: 03 Jun 2016 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

View Item View Item