KARDIN, ADELIA PARAMITHA (2022) STUDI PENGARUH METODE MOBILITY DESIGN PADA INJEKSI POLIMER TERHADAP OIL RECOVERY FACTOR DENGAN UJI LABORATORIUM DAN SIMULASI RESERVOIR. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_113170022_Adelia Paramitha Kardin.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
2.Cover_113170022_Adelia Paramitha Kardin.pdf Download (99kB) |
|
Text
3.Abstrak_113170022_Adelia Paramitha Kardin.pdf Download (7kB) |
|
Text
4. Lembah Pengesahan_113170022_Adelia Paramitha Kardin.pdf Download (186kB) |
|
Text
5.Daftar Isi_113170022_Adelia Paramitha Kardin.pdf Download (164kB) |
|
Text
6.Daftar Pustaka_113170022_Adelia Paramitha Kardin.pdf Download (8kB) |
|
Text
6.Daftar Pustaka_113170022_Adelia Paramitha Kardin.pdf Download (8kB) |
Abstract
vii
RINGKASAN
Penginjeksian polimer merupakan metode EOR yang telah diterapkan
secara luas untuk mengatasi ketidakefisien proses pendesakan yang terjadi pada
proses secondary recovery atau waterflood. Dalam mengatasi proses pendesakan,
penggunaan injeksi polimer diperuntukkan untuk menurunkan nilai mobility ratio
dengan cara menggunakan prinsip metode mobility design, sehingga dapat
menanggulangi terjadinya early breakthough atau water fingering dan dapat
meninggkatkan sweep efficiency. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukanstudi
untuk membuktikan adanya pengaruh metode mobility design dalam
penginjeksian polimer terhadap oil recovery factor.
Pada studi ini ini terdapat 2 prosedur penelitian, yaitu uji laboratorium dan
investigasi reservoir simulator komposional dengan CMG STARS. Penelitian
laboratorium akan dilakukan berbagai percobaan untuk mengetahui metode
mobility design yang memiliki recovery paling optimum pada batuan berea
sandstone. Penelitian ini diawali dengan melakukan persiapan material penelitan
yaitu, data SCAL properties dan beberapa data sampel yang membutuhkan
pengujian laboratorium sebagai bahan yang akan digunakan, seperti polimer,
brine, minyak, dan core. Pada penelitian ini, digunakan polimer berjenis HPAM,
minyak yang memiliki 22.0505oAPI, dan core yang memiliki porositas sekitar 25-
28% dan permeabilitas sebanyak 750-900 mD. dengan Berdasarkan data tersebut,
dilakukan pendekatan numerik yang akan digunakan untuk menentukan upstream
viscosity dari setiap metode mobility design. Selanjutnya pengujian coreflood
dilakukan secara countinous. Studi simulasi dilakukan menggunakan simulasi
komposisi CMG STARS dilakukan dengan tujuan utama untuk melihat proses
pendesakan secara visualisasi pada injeksi polimer. Studi simulasi dimulai dengan
melakukan history matching berdasarkan hasil pengujian coreflood sebelumnya.
Pada setiap metode akan diinvestigasi dengan cara mengevaluasi recovery factor
dan visualisasi terhadap penampang vertikal dan areal pada model 2-Dimensi dan
3-Dimensi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode mobility design
dapat mempengaruhi viskositas polimer yang akan diinjeksikan atau upstream
viscosity. Upstream viscosity berdasarkan pendekatan numerik, untuk metode
James Sheng 4.7cP, metode Endpoint 23.9cP, dan metode Gomaa 8.1cP dengan
target penurunan harga mobility ratio untuk metode James Sheng 1, untuk metode
Endpoint 0.1, dan Gomaa 0.35. Harga upstream viscosity akan dikonversi menjadi
konsentrasi polimer, sehingga didapatkan untuk metode James Sheng sebesar 750
ppm, untuk metode Endpoint sebesar 1700 ppm, dan metode Gomaa sebesar 1000
ppm. Selanjutnya pada hasil pengujian coreflood baik secara laboratorium dan
simulasi, menunjukkan hasil metode Gomaa memiliki hasil yang paling sesuai
berdasarkan penurunan mobility ratio, konsentrasi larutan polimer, dan
peningkatan oil recovery factor.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RESERVOIR |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 01:51 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29664 |
Actions (login required)
View Item |