Mahdi Zain, Naufal (2021) EVALUASI PROYEK PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA KILANG PT PERTAMINA (PERSERO) RU IV CILACAP MENGGUNAKAN CRASHING METHOD EVALUASI PROYEK PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA KILANG PT PERTAMINA (PERSERO) RU IV CILACAP MENGGUNAKAN CRASHING METHOD. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
3. Draft TA-Naufal Mahdi Zain-122160063.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
Text
1. Abstrak-Naufal Mahdi Zain-122160063.pdf Download (65kB) | Preview |
Preview |
Text
2. Makalah-Naufal Mahdi Zain-122160063.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
4. Halaman Pengesahan-Naufal Mahdi Zain-122160063.pdf Download (680kB) | Preview |
Preview |
Text
5. Surat Penunjukan Dosen Pembimbing-Naufal Mahdi Zain-122160063.pdf Download (443kB) | Preview |
Preview |
Text
7. Foto Diri Hitam Putih-Naufal Mahdi Zain-122160063.pdf Download (358kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Proyek dengan kumpulan kegiatan yang kompleks sangat beresiko untuk
mengalami keterlambatan apabila tidak diimbangi dengan manajemen proyek yang baik.
Manajemen proyek diperlukan mulai dari tahap perencanaan, pengkoordinasian, dan
pengawasan proyek. PT Adhi Karya Indah saat ini menangani Proyek Pemeliharaan
Sarana dan Prasarana di Dalam Kilang PT Pertamina (PERSERO) RU IV Cilacap
dengan total biaya sebesar Rp 994.143.000,00 dengan durasi 210 hari kerja. Proyek
tersebut mengalami keterlambatan sehingga penyelesaian proyek diperkirakan mundur
menjadi 273 hari kerja. Percepatan proyek perlu dilakukan untuk mengatasi masalah
keterlambatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis percepatan proyek
untuk mengejar keterlambatan penyelesaian proyek.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah crashing methode. Data
yang digunakan yaitu hasil observasi, wawancara, RAB, rencana awal proyek, daftar
aktivitas, dan hubungan antar aktivitas proyek. Keluaran pertama berupa pekerjaanpekerjaan
yang
masuk
dalam
jalur
kritisi.
Penambahan
jam
kerja/lembur
pada
pekerjaan
yang
masuk dalam jalur kritis adalah alternatif yang digunakan untuk menghitung
percepatan proyek. Biaya proyek akan berubah akibat percepatan yang dilakukan
Dari hasil perhitungan penambahan 2 jam kerja diperoleh proyek dapat
dipercepat selama 51 hari sehingga penyelesaian proyek adalah 222 hari. Dengan total
biaya sebesar Rp 963.189.756,63 namun proyek mengalami keterlambatan selama 12
hari. Penambahan 3 jam kerja diperoleh proyek dapat dipercepat selama 63 hari
sehingga durasi total proyek kembali sesuai target yaitu 210 hari dengan biaya sebesar
Rp 948.155.592,83. Dengan demikian keterlambatan proyek dapat diatasi.
Kata Kunci : Percepatan proyek, Crashing methode, Jam lembur, Jalur kritis.
ABSTRACT
Project with a complex collection of activities are very risky to get delay if they
are not handled with good project management. Project management is needed from
planning, coordinating, and monitoring stages of the project. PT Adhi Karya Indah
currently hanfling The Infrastructure and Facilities Maintenance Project in the PT
Pertamina Refinery (PERSERO) RU IV Cilacap with a total cost of Rp 994.143.000,00
with duration of 210 working days. The project is experiencing delays, so the project
completion to be delayed to 273 working days. Project acceleration needs to be done to
overcome the delay problem. The purpose of this study is to analyse the project
acceleration to catch up with delays in project completion.
The method used in this research is the crashing method. The data used are the
results of observations, interviews, RAB, initial project plans, a list of activities, and the
relationship between project activities. The first output is in the form of jobs that fall into
the critical path. Additional working hours / overtime for work that falls into the critical
path is an alternative used to calculate project acceleration. Project costs will change
due to the acceleration done
From the calculation of the additional 2 hours of work, it is found that the
project can be accelerated for 51 days so that the project completion is 222 days. With a
total cost of Rp. 963,189,756.63, however, the project was delayed for 12 days. The
additional 3 hours of work obtained by the project can be accelerated for 63 days so that
the total project duration is back on target, namely 210 days at a cost of Rp.
948,155,592.83. Thus project delays can be overcome.
Keyword : Project crashing, Crashing methode, Overtime, Critical Path.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Percepatan proyek, Crashing methode, Jam lembur, Jalur kritis. |
Subjek: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 03:51 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 03:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |