PEMANFAATAN EKSTRAK DAUN MIMBA DAN DAUN PEPAYA PADA BERBAGAI KONSENTRASI UNTUK MENEKAN POPULASI HAMA Diaphorina citri K. PADA TANAMAN JERUK MANIS ( Citrus sinensis L.)

PRATIWI, PRATIWI (2022) PEMANFAATAN EKSTRAK DAUN MIMBA DAN DAUN PEPAYA PADA BERBAGAI KONSENTRASI UNTUK MENEKAN POPULASI HAMA Diaphorina citri K. PADA TANAMAN JERUK MANIS ( Citrus sinensis L.). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Pratiwi 134140138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ekstrak daun mimba dan daun pepaya beserta konsentrasinya terhadap mortalitas hama Diaphorina citri pada tanaman jeruk manis ( Citrus sinensis L.). Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Kaca Kebun Praktikum Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta pada bulan Juli – Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan laboratorium yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) 1 faktor. Penelitian ini terdiri dari 8 perlakuan yang terdiri atas KN = kontrol negatif (air), KP = kontrol positif (Imidakloprid 25 mg/L), E1 = ekstrak daun papaya 5%, E2 = ekstrak daun papaya 10%, E3 = ekstrak daun mimba 5%, E4 = ekstrak daun mimba 10%, E5 = ekstrak campuran daun mimba dan daun papaya 5%, dan E6 = ekstrak campuran daun mimba dan daun papaya 10% yang diulang sebanyak 5 kali dan setiap ulangannya terdiri dari 3 sampel sebagai pembanding. Data dianalisi dengan mengguunakan ANOVA (Analisis of varian) pada jenjang nyata 5% dan apabila terdapat beda nyata dilakukan dengan Uji Jarak Berganda Duncan atau Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%. Hasil menunjukkan bahwa perlakuan campuran ekstrak daun mimba dan daun pepaya pada konsentrasi 10% efektif untuk menekan hama D.citri yaitu pada hari ke-6 dengan rata-rata mortalitas hama D.citri mencapai 80%, yang tidak memiliki perbedaan yang nyata dengan mortalitas karena Imidakloprid. Intensitas kerusakan daun tertinggi terdapat pada kontrol positif yang diberikan perlakuan berupa air. Lethal Time (LT50) terdapat pada perlakuan ekstrak daun mimba 5% yang dapat mematikan 50% D.citri dengan rentan waktu 7 hari. Jumlah kemunculan nimfa dan serangga dewasa tertinggi pada perlakuan kontrol negatif dengan rerata sebesar 6,93. Kata kunci : Jeruk, Diaphorina citri, daun pepaya, daun mimba

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jeruk, Diaphorina citri, daun pepaya, daun mimba
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Feb 2022 07:28
Last Modified: 14 Feb 2022 07:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28370

Actions (login required)

View Item View Item