PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA RADIO MAGELANG FM DAN RADIO SWARA MUSVIA FM KOTA MAGELANG DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR

WAGIRAN, RUT ANINDIA RIZKY (2012) PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA RADIO MAGELANG FM DAN RADIO SWARA MUSVIA FM KOTA MAGELANG DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

xvii ABSTRAK PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA RADIO MAGELANG FM DAN RADIO SWARA MUSVIA FM KOTA MAGELANG DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR Melihat perkem ban gan radio di Kota Magelang yang begitu pesat pada saat ini, kurang lebih ada sembilan (9) buah stasi un yang telah memiliki izin. Menimbulkan daya saing yang ketat dalam mendapatkan pangsa pendengar. Stasiun - stasiun radio yang ada berusaha menerapkan segmentasi pendengar dalam menghadapi persaingan tersebut. Hal ini untuk meraih pangsa pendengar sebanyak mungkin. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Radio Magelang FM dan Radio Swara Musvia FM Kota Magelang dalam meraih pangsa pendengar, mengetahui manajemen program siaran dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam meraih minat pendengar untuk menjadi pendengar setia di Radio Magelang FM dan Radio Swara Musvia FM. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dari hasil penelit ian dapat diketahui perbedaan - perbedaan strat e gi manajemen siaran, pada Radio Magelang FM dan R adio Swara Musvia FM Kota Magelang. Perbedaan itu terdapat pada kegiatan penyiaran , manajemen marketing serta tugas dan kedudukan dalam menjal ankan kegiatan siarannya. Strategi dan manajemen sangat dibutu hkan dalam menjalankan suatu organisasi ata u perusahaan, dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program - program siaran. Berdasarkan hasil kesimpulan di atas diharapkan bahwa strategi pemasaran Radio Swara Musvia FM dan Radio Magelang FM Kota Magelang sudah secara baik dan memuaskan khalayak pendengar, namun harus tetap meningkatkan kualitas dan mengembangkan program siaran, agar khalayak pendengar khususnya di Mag elang merasa puas dengan program - program yang telah disiarkan. xviii ABSTRACT COMPARISON OF MARKETING COMMUNICATIONS STRATEGY ON MAGELANG FM RADIO AND SWARA MUSVIA FM RADIO MAGELANG ATTRACT INTEREST IN HEARING See the development of radio in Magelang that are so rapidly at present, there are approximately nine (9) fruit stations that already have permission. Pose strict competitiveness in gaining share of listeners. The radio stations are trying to apply the seg mentation of audiences in the face of such competition. This is to reach your potential audience as possible. This study aimed to determine the efforts made Magelang FM Radio and Swara Musvia FM Radio Magelang in grabbing audience share, learn and know the broadcast program management efforts undertaken in the interest of listeners to reach a loyal audience in Magelang FM Radio and Swara Musvia FM Radio . This type of research that is used is qualitative and descriptive research in data collection include ob servation, interviews, documentation and literature study. From the research results can be known differences broadcast management strategy, in Magelang FM Radio and Swara Musvia FM Radio Magelang. Differences were found in Persiaran activities, marketing and management tasks and position in the course of its broadcast. Strategy and management is needed in running an organization or company, in the framework of planning, implementation, monitoring and evaluation of programs broadcast. Based on the results o f the above conclusions ar e expected Swara Musvia FM Radio and Magelang FM Radio Magelang, despite being a good listener and satisfying audiences, but have to keep improving and developing the quality of broadcast programs, so that the listener audience, e specially in Magelang were satisfied with the programs that have been broadcasted.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 06:59
Last Modified: 01 Jun 2016 06:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item