Yuhantomo, Tri Hatmoko (2011) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SWARA KONCO TANI 702 AM YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT PENGIKLAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Tri Hatmoko Yuhantomo-153060108-abstract.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Radio siaran seperti halnya media lainya, hidup dan berkembang dari
aktifitas periklanan. Pengiklan kini semakin selektif dalam menentukan media
mana yang ak
an digunakan. Yogyakarta sebagai kota yang terus berkembang
dikatakan memiliki potensi besar dalam berbagai hal termasuk dalam industri
radio. Berbagai stasiun radio mulai tumbuh, diantaranya Radio Swara Konco Tani
dengan segmentasi Melestarikan dan memper
tahankan budaya jawa, dengan
program siaran yang 90% menggunakan bahasa Jawa serta program musik,
hiburan dan informasi yang sangat kental dengan budaya Jawa. Segmentasi
tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi radio Swara Konco Tani dalam
menarik
minat pengiklan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
berbagai strategi komunikasi pemasaran Radio Swara Konco Tani Yogyakarta
untuk menarik minat pengiklan. Upaya
-upaya yang dilakukan Radio Swara Konco
Tani dalam menghadapi persaingan antara radio
competitor
, faktor penentu
keberhasilan Radio Swara Konco Tani dalam menarik klien dan hambatan
-
hambatan yang dialami dalam melaksanakan strategi tersebut.
Teknik
pengumpulan data dengan melakukan
interview
kepada Bagian Direktur
Operasional, Bagian
Marketing Radio Swara Konco Tani dan klien. Peneliti juga
melakukan observasi serta didukung dengan dokumen dan studi pustaka.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif merupakan penelitian
yang menghasilkan data berupa kata-
kata tertulis ataupun lisan dari orang
-orang
dan perilaku yang diamati. Penelitian ini lebih mengarah pada metode deskriptif
yaitu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami
oleh Radio Swara Konco Tani dalam usaha menarik minat pengiklan. Dari has
il
penelitian yang dilakukan Radio Swara Konco Tani menggunakan komunikasi
pemasaran yang ada dalam bauran promosi yaitu : periklanan, promosi penjualan,
Personal selling,Public relation dan Direct marketing
. Namun yang menjadi
perhatian utama dan sering m
ereka terapkan dalam menjalankan strategi tersebut
yaitu periklanan dan Promosi penjualan mereka menggap strategi tersebut lebih
efektif dan efisien dalam membidik calon konsumen meski dalam pelaksanaanya
semua saling melengkapi. Berdasarkan hal tersebut d
apat ditarik kesimpulan
bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Radio Swara Konco Tani
cenderung konsetrasi mereka pada periklanan dan Promosi Penjualan untuk
menarik minat pengiklan, karena lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan
strateg
i yang lain. Periklanan merupakan langkah yang tepat untuk membantu
memperlancar jalanya komunikasi pemasaran meski biaya yang dikeluarkan tidak
sedikit, namun Radio memiliki kerjasam dengan media lain dengan system barter
dalam kegiatan periklanan. Efekt
ifitasnya kegiatan periklanan dirasa lebih terasa
dibandingkan dengan strategi promosi lain. Sedangkan untuk Promosi penjualan
menggunakan kegiatan
On air
dan
off air
kegiatan tersebut untuk meningkatkan
minat pendengar Radio Swara Konco Tani dengan tujua
n menarik pengiklan.
ABSTRACT
Radio broadcasts as well as other media, live and thrive from advertising
activities. Advertisers are now increasingly selective in deciding which media to
use.
Yogyakarta as a city that continues to evolve is said to
have great potential in
a variety of things including the radio industry.
Various radio stations began to
grow, including Radio Swara Konco Tani Preserve and maintain the segmentation
of Javanese culture, with 90% of broadcast programs using the Java lang
uage and
music programs, entertainment and information that is very thick with Javanese
culture.
Segmentation will be the main attraction for Radio Swara Konco Tani in
attracting advertisers.
The purpose of this research is to find a variety of
marketing communications strategies Radio Swara Konco Tani of Yogyakarta to
attract advertisers.
The efforts undertaken Radio Swara Konco Tani in the face of
competition between radio competitor, critical success factors in Radio Swara
Konco Tani attract clients and
the constraints experienced in implementing the
strategy.
Data collection techniques by conducting interviews to The Director of
Operations, The Marketing Radio Swara Konco Tani and clients.
Researchers also
observed and supported by documents and literature study. This study uses a
qualitative research method research that generates data in the form of words
written or oral from the people and the observed behavior. This study led to the
descriptive method of research that aims to understand the phenomenon
of what is
experienced by the Radio Swara Konco Tani in an effort to attract
advertisers.
From the results of research conducted using the Radio Swara Konco
Tani existing marketing communication in the promotion mix: advertising, sales
promotion, personal
selling, public relations and direct marketing.
But of major
concern and often they apply in the strategy of advertising and sales promotion
strategies they deem it more effective and efficient in targeting potential
customers in its implementation despit
e all complement each other.
Based on this
can be concluded that the marketing communication strategy implemented Radio
Swara Konco Tani tend their concentrations have on advertising and sales
promotion to attract advertisers, because it is more effective and efficient
compared with other strategies.
Advertising is the right step to help facilitate the
marketing communications nets although no small cost, but radio has cooperation
with other media with a barter system in advertising activities. Perceived
effectiveness of advertising activity more pronounced than with any other
promotion strategies.
As for the use of sales promotion activities On the water and
off water activities to increase interest Radio Swara Konco Tani listeners in order
attract advertis
ers
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 06:55 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 06:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |