WIYONO, Bagus and Cahyadi, Tedy Agung and Dwinagara, Barlian and Hartono, Hartono and Safaat, Muhammad Faiz (2020) Rancangan Jalan Tambang Pada Penambangan Batu Andesit Di Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta. (Unpublished)
|
Text
16. Penilaian_JTP Vol. 6 No.1_ Rancangan Jalan Tambang Pada Penambangan Batu Adesit di Kecamatan.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Salah satu syarat agar kegiatan penambangan dapat berjalan dengan baik yaitu dibutuhkan kondisi jalan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan struktur perkerasan jalan angkut tambang dan membuat rancangan geometri jalan angkut tambang. Kemudian struktur perkerasan di analisis menggunakan metode elemen hingga. Berdasarkan penelitian dilapangan, didapatkan hasil Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dengan nilai California Bearing Ratio (CBR) terkecil 1, 10% dan terbesar 5, 27% yang tidak memenuhi untuk menjadi lapisan subgrade, maka dilakukan pemindahan tanah sebanyak 641,52 m3. Setelah Pemindahan menghasilkan grade lebih besar dari 12% pada segmen E-F dan segmen L-M. Untuk mengatasi masalah grade yang ada, dilakukan dengan cara menambahakan materi 692,44m3atau membogkar material 368,52 m3 untuk memperkecil grade. Berat truk 23, 64 ton dan kepadatan lalu-lintas 25,99 kendaraan/hari maka dapat dikategorikan dalam kategori 3 dengan regangan vertikal maksimum 2500 microstrain. Dengan lapisan subgrade CBR 97,34% menghasikan regangan vertikal sebesar 1004 microstrain pada sayatan A-A’ dan 995 microstrain pada sayatan B-B’. Permukaan jalan dikonstruksi memakai pecahan batuan yang mempunyai nilai CBR 80% dengan nilai abrasivitas batu breksi 29,5%. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan dump truck Toyota Dyna 130HT dengan lebar 1,94 m, syarat lebar jalan minimum 3,89 m untuk jalan lurus dan 4,69m untuk tikungan. Setelah lebar jalan tikungan, perlu dibuat superelevasi 0, 136 m/m dengan jari-jari tikungna 9,88m. Cross fall dibuat dengan perbedaan elevasi jalan lurus 8 cm dan jalan tikungan 11 cm. perbedaan tinggi jenjang 20 m dan grade maksimal 12% diperlukan Panjang jalan naik 166,67 m dengan tanggul pengaman 0,39 m.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | DR. Ir. MT BARLIAN DWINAGARA |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 09:05 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 09:30 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28089 |
Actions (login required)
View Item |