STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH TERHADAP NASABAH PT BPR SINDU ADI SLEMAN YOGYAKARTA

HASIAN, EDWARD (2012) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH TERHADAP NASABAH PT BPR SINDU ADI SLEMAN YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

xii ABSTRAK Dasar pemberian kredit dari bank kepada debitur ada lah kepercayaan. Untuk mengetahui nasabah memiliki kemampuan dan kemauan m embayar hutangnya, maka diperlukan adanya analisis kredit. Analisis kredit ini dilakukan untuk memahami karakter nasabah dan juga usaha nasabah yang dihara pkan agar tidak terjadinya kredit bermasalah. Terkadang setelah pemberian kredit dibe rikan, masih terjadi permasalahan pada kredit nasabah tersebut. Seperti dengan adanya kredit bermasalah pada Bank Perkreditan Rakyat, bank selalu melakukan upaya-upaya dalam penyelesaian kredit bermasalah. Bank melakukan hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah. Untuk itu bank melaku kan strategi-strategi penyelesaian kredit bermasalah yang meliputi; strategi pengenala n masalah, strategi penyelesaian kredit bermasalah, strategi berkomunikasi dan cara penyampaian bahasa, strategi dalam mencari kesepakatan penyelesaian, dari strate gi-strategi tersebut semua didasari oleh komunikasi interpersonal antara petug as kredit dengan nasabah (debitur). Penelitian ini berlokasi di PT BPR Sindu Adi yang yang berlokasi di jalan Magelang Km 6,3 Jombor, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi interpe rsonal yang dilakukan petugas kredit kepada nasabah dalam penyelesaian kredit ber masalah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif, met ode yang menitikberatkan pada gambaran dan menganalisa komunikasi interpersonal a ntara petugas kredit dengan nasabah. Penelitian ini mengarah pada konsep dari D eVito mengenai efektifitas komunikasi interpersonal yang mengungkapkan bahwa k omunikasi interpersonal dapat berjalan efektif jika terdapat adanya unsur-u nsur; keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan juga kesetaraan dan ju ga konsep pengungkapan diri Wrightsman. Hasil penelitian ini diketahui bahwa un tuk mengatasi kredit bermasalah PT BPR Sindu Adi, bank memiliki penyelesaian yang c enderung lebih kekeluargaan, adanya pendekatan-pendekatan secara persuasif yang dilakukan oleh bank, dalam membina nasabah. Ketegasan cara berkomunikasi yang dilakukan oleh petugas kredit dengan nasabah yang tidak memiliki itikad baik, ser ta penggunaan gaya bahasa yang cenderung lebih keakraban. Dengan menerapkan strate gi win-win solution , PT BPR Sindu Adi berharap penyelesaian kredit bukan sekeda r pemutusan hubungan nasabah dengan bank, namun dengan adanya komunikasi interpe rsonal, sangat berperan dalam penyelesaian kredit bermasalah dan dalam menjaga hu bungan yang berkelanjutan dengan nasabah untuk membangun hubungan jangka panj ang dengan nasabah, yang diharapkan saling menguntungkan kedua belah pihak. xiii ABSTRACT The principle of supply the credit from the bank to the debitur is trustworthy. In order to know the capability and willingness of the debitur, the analysis of credit is needed. The purpose of the credit is to know about the characte r and the labour of the debitur, so it can be reduced the problem of the credit happened. Some times after the debitur have been received the credit it also happened the problem of the credit. It also happened in Bank Perkreditan Rakyat. This bank always do expedients to finish it. Therefore the bank needs the strategy to finish the problem that consist of the strategy of knowing problem, strategy of finishing problem, the strategy to communicate, and the way to communication the language (verbal), the strategy of the agreement to looking for the finishing of the problem. This research is hold in PT BPR SINDU ADI that loca ted in Magelang street kilometers 6,3 Jombor, Mlati, Sleman Yogyakarta. The purpose of th is research is to know about the strategy of interpersonal communication that happen ed by the bank. This research is used the qualitative method that focusing to analysis th e interpersonal communication from the account officer to the debitur. This research also focusing to the concept of DeVito about the interpersonal effectiveness of communication. F rom this research we are knew about how to solve the problem of the credit in PT BPR SI NDU ADI, which is the bank still focusing through approximation of persuasive in order to re new the debitur. The explanation and softly of verbal communication from the account off icer is the way of win-win solution that has been held by the bank. This way is choosen in o rder to reduce the problem of the credit and also for renewing the debitur therefore the rel ation between the debitur and the bank is always happen consistenly.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:44
Last Modified: 01 Jun 2016 02:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item