HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER DENGAN INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ( Studi Pengguna Twitter Pada Mahasiswa Angkatan 2009, 2010, dan 2011 Program Studi Ilmu Komunikasi UPN FISIP “Veteran” Yogyakarta )

CHAMIL, RADITYA A (2012) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER DENGAN INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ( Studi Pengguna Twitter Pada Mahasiswa Angkatan 2009, 2010, dan 2011 Program Studi Ilmu Komunikasi UPN FISIP “Veteran” Yogyakarta ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa program studi ilmu komunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyakarta. Alasan pemilihan judul ini karena saat ini sit us jejar ing sosial twitter sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia khususnya mahasiswa . Mereka menggunakan twitter tidak hanya untuk bersenang - senang saja atau iseng, tetapi juga sebagai media untuk mencari teman baru, berbisnis online , dan ju ga untuk berkomunikasi. Adapun alasan memilih UPN FISIP “veteran” Yogyakarta karena mahasiswa komunikasi mempelajari dan memperdalam ilmu komunikasi dan otomatis sering melakukan komunikasi interpersonal secara tatap muka maupun melalui media seperti situs jejaring sosial twitter ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyak arta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana hubungan antar variabel yang ada dijelaskan dengan cara dikuantifikasikan atau diangkakan dengan menyebarkan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang pokok untuk diteli ti. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 913 Mahasiswa, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 90 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada 10 indikator, diantaranya frekuensi mengakses twitter , intensitas m engakses twitter , durasi mengakses twitter , ketertarikan mengakses twitter, keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, kesamaan, dan ketertarikan berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interper s o nal sebesar 0,001 dan koefisien sebesar 0,331 yang berada pada rentang 0,20 – 0,399. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan inte nsitas komunikasi interpersonal dan terdapat hubungan yang positif antara intensitas penggunaan situs jejaring sosial twitter dengan intensitas komunikasi interpersonal. Penelitian ini mendukung teori Use s & Gratifications dan juga Computer Mediated Comunication (CMC). ABSTRACT This study entitled "Relationship intensity of use of social networking sites twitter with the intensity of interpersonal communication communication science courses students F ISIP UPN" Veteran "Yogyakarta. . The reason for selecting this title because of the current social networking site Twitter has been consumed by many people in Indonesia, especially students . They are using twitter is not just for fun, but also as a medium to make new friends, online business, and also to communicate.The reason for choosing FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta for college students studying communication sciences and deepen communication and automatic frequent interpersonal communication in person or through media such as social networking sites twitter this.The purpose of this study was to determine how the intensity of the relationship of social networking sites use twitter with the intensity of interpersonal communication students of Communicatio n Sciences Studies Program FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta. The research method used was a quantitative study, where relationships between variables are described in a way quantified or rated method by distributing questionnaires as a tool to collect the ba sic data for analysis. Population used in this study amounted to 913 students, while the samples used amounted to 90 students. The variables that used in this study are based on 10 indicators, including the frequency of accessing twitter, twitter access in tensity, duration of access twitter , twitter access interest , openness, empathy, supportiveness, positiveness, equality, and interest in communicating. The results showed that there is a significant relationship between the variable intensity of the use of social networking sites twitter with interpersonal communication intensity of 0.001 and coefficient of 0.331 which is in the range of 0.20 to 0.399. It can be concluded that there is a relationship between low - intensity use of social networking sites twitt er with the intensity of interpersonal communication and positive relationship exists between the intensity of the use of social networking sites twitter with the intensity of interpersonal communication.This study supports the theory of Uses & Gratificati ons and Computer Mediated Comunication (CMC).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:13
Last Modified: 01 Jun 2016 02:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item