Strategi manajemen penyiaran Radio Argosoro FM di Wonosari Gunungkidul dalam Mempertahankan existensinya

NAVITRILOVA, CICILIA RISDA (2011) Strategi manajemen penyiaran Radio Argosoro FM di Wonosari Gunungkidul dalam Mempertahankan existensinya. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

xiv
Abstrak
Radio merupakan media massa yang menyampaikan isi pesannya berupa
informasi, hiburan, berita, dan pendidikan dengan cara audio. Radio yang baik
ialah radio yang keberadaannya dapat diterima oleh masyarakat dan isi siarannya
banyak disukai oleh masyarakat luar pada umumnya dan beberapa pendengar
tertentu yang menjadi sasarannya khususny
a. Dalam bersiaran,
seharusnya radio
memiliki program acara yang sesuai selera pendengar, memiliki program
unggulan, dan penyiar yang memiliki keistimewaan sendiri dalam berkomunikasi
dengan pendengarnya. Seperti halnya dengan radio Argososro FM ini yang
melebarkan sayapnya di Wonosari Gunungkidul dengan beberapa program
acaranya yang menyesuaikan selera pendengarnya, selain itu tidak lupa membuat
program acara unggulaya, yaitu campur
sari. Dalam penelitian ini, penulis
merumuskan masalah yakni “Bagaimana strategi manajemen Radio Argosoro FM
dalam mempertahanka existensnya?” Tuju
an dari penelitian ini ialah untuk
mengetahui strategi manajemen yang digunakan, teknik penyiaran yang
dilakukan, dan aktifitas keseluruhan radio Argososro Fm
Teori yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini ditujukan pada
strategi dalam sebuah manajemen penyiaran dalam tujuan mempertahankan
existensinya.
Pendekatan yang digunakan oleh pe
nelitian ini ialah pendekatatan
kualitatif dengan metode deskriptif yang enghasilkan data deskrptif tentang
Strategi Manaemen Penyiaran Radio Argososro FM di Wonosari Gunungkidul
dalam Mempertahankan existensinya. Pe
ngumpulan data dalam penelitian ini
adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Argososro FM ini memiliki beberapa
strategi dalam memanajemen dalam mempertahankan existensinya.beberapa
strategi yang digunakan adalah dengan pengelompokan pendengar, mentargetkan
audien, pemilihan program acara yang sesuai selera pendengar dan pemilihan
program unggulan yaitu campursari, pelayanan yang memuaskan dan manajemen
yang baik. Adapula strategi yang digunakan dalam melakukan manajemen
sehingga menghasilkan kinerja yang memuaskan, yaitu dengan tahap
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
xv
abstract
Radio is a mass media that convey the content of his message in the form
of information, entertainment, news, and education by means of the audio. A good
radio is a radio whose existence can be accepted by society and the content of
broadcasts favored by many outside the community in general and some specific
to the target audience in particular. In broadcasting, the radio should have a
program to suit tastes of listeners, has
excellent programs, and broadcasters who
have their own privilege in communicating with his audience. As with this FM
radio Argososro that spread its wings in Wonosari Gunungkidul with some of its
programs that fit audience tastes, but it does not forget to make the flagship
programs, namely campursari. In this study, the authors formulate the problem of
"How Argosoro FM Radio management strategy in defending his existens?" The
purpose of this study was to determine the management strategy used, the
technique of broadcasting is performed,
and the overall activity Argososro Fm
radio.
The theory used in the manufacture of this research is aimed at
broadcasting management strategy in its aim of maintaining existensi,
The approach used by this study is a qualitative approach with descriptive
methods that generate data about the St
rategy Management deskrptif Argososro
FM Radio Broadcasting in Wonosari Gunung
kidul in Maintaining its existensi.
Collecting data in this study is the observation techniques, interviews,
documentation and data analysis.
The results showed that Argososro FM has several strategies in
management in maintaining its existensi. Some of the strategies used is the
grouping of listeners, target audience, program selection event listener to taste and
selection of excellent programs cam
pursari, outstanding service and good
management. There is also a strategy used in the conduct of management resulting
in satisfactory performance, with the planning, implementation, and evaluation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:03
Last Modified: 01 Jun 2016 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2767

Actions (login required)

View Item View Item