APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENANGANAN CEDERA PADA TANGAN DAN KAKI MANUSIA BERBASIS ANDROID

Putra, Harits Kurnia (2020) APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENANGANAN CEDERA PADA TANGAN DAN KAKI MANUSIA BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Tugas Akhir Lengkap.pdf] Text
Tugas Akhir Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan(3).pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan(3).pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of Daftar-Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar-Isi.pdf

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of COVER HALAMAN(2).pdf]
Preview
Text
COVER HALAMAN(2).pdf

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak(14).pdf]
Preview
Text
Abstrak(14).pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Cedera merupakan rasa sakit yang ditimbulkan karena kecelakaan ataupun olahraga,
sehingga dapat menimbulkan cacat, luka dan rusak pada otot bagian tubuh. Cedera sering kali
diderita pada bagian tubuh yang dapat bergerak seperti halnya tangan, kaki dan kepala manusia.
Penanganan cedera perlu dilakukan dengan baik dan benar agar, proses penyembuhan dapat
berjalan cepat tanpa efek samping. Namun, tidak semua baik masyarakat dan penderita cedera
memahami proses penanganan cedera. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan
masyarakat tentang penanganan cedera.
Untuk dapat membantu masyarakat dalam menangani cedera maka diperlukan suatu
media yang dapat memberikan informasi penanganan cedera. Salah satunya yaitu
mengimplementasikan augmented reality dengan metode markerless. Kelebihan dari metode
markerless dapat berperan memberikan infomasi 3D mengenai jenis cedera berdasarkan
petunjuk pengguna aplikasi dalam waktu nyata dan dapat berjalan secara interaktif. Aplikasi ini
dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan
Java, C# berbasis Android. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian kualitatif,
dimana penelitian memiliki suatu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan
atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri.
Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi dapat membaca marker yang telah ditentukan
dengan menampilkan informasi 3D berdasarkan kebutuhan pengguna didalam kriteria yang
tersedia. Selain itu informasi dapat ditampilkan dalam waktu nyata dan berjalan interaktif
dengan hasil 33% setuju dan 58% sangat setuju melalui pengujian alfa beta test. Berdasarkan
hasil pengujian aplikasi dapat berjalan pada jarak minimal 10 cm dengan cahaya 11 lux dan
dengan sudut 20 derajat.
Kata Kunci : Cedera, Augmented Reality, Markerless, C#, Android, Kualitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cedera, Augmented Reality, Markerless, C#, Android, Kualitatif
Subjek: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Jan 2022 05:49
Last Modified: 03 Jan 2022 05:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27606

Actions (login required)

View Item View Item