STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA KECIL - MENENGAH (UKM) DALAM UPAYA MERAIH KONSUMEN ( Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran SOLOBEAT Stick Drum di Klaten)

Fatahillah, Andri (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA KECIL - MENENGAH (UKM) DALAM UPAYA MERAIH KONSUMEN ( Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran SOLOBEAT Stick Drum di Klaten). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Industri musik merupakan salah satu industri yang mengalami
perkembangan pesat di Indonesia.
Stick dru
m
Solobeat merupakan
alat untuk
bermain drum yang me
rupakan produk dalam negeri
dan
telah dipasarkan ke
beberapa kota besar di Indonesia. Produsen Solobeat merupakan Usaha Kecil
Menengah yang berada di kota Klaten,
Jawa Tengah. Sebagai
UKM
,
Solobeat
membutuhkan strategi
pemasaran yang tepat
untuk
meraih
konsumennya
. Salah
satu kendala So
lobeat adalah keterbatasan biaya dalam melakukan kegiatan
promosi pada produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh UKM Solobeat
di Klaten
dalam meraih konsumennya.
Metode
penelitian y
ang digunakan dalam penelitian
ini adalah
metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data
kualitatif.
Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi
dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang
dilakukan
Solobeat dalam meraih konsumen menggunakan beberapa strategi. Strategi
tersebut adalah
marketing mix
yang terdiri dari
product
,
pricing
,
promotion
, dan
place
. Solobeat juga menggunakan strategi
promotions mix
yang terdiri dari
(
1)
periklanan,
(
2)
penjualan pribadi,
(
3)
promosi penjualan,
(
4)
pemasaran langsung,
dan
(
5)
hubungan masyarakat. Meski Solobeat telah melakukan iklan, promosi
penjualan, dan
press release
, dalam penelitian ini strategi yang paling ditekankan
atau paling mendukung dalam m
eraih konsumen adalah penjualan pribadi dan
pemasaran langsung. Sistem jemput bola yang dilakukan Solobeat kepada agen
pemasar menjadi strategi yang dilakukan Solobeat untuk menjalin hubungan baik
dengan agen pemasar, serta pemasaran langsung melalui media
internet (
e
-
mail
,
blog, dan
live chat
di
facebook
) dan telepon (
SMS
dan
blackberry
messenger
)
menjadi salah satu cara Solobeat dalam melakukan pendekatan langsung dan
memberikan pelayanan terhadap konsumen.
ii
ABSTRACT
The music industry is one
industry that experienced rapid development in
Indonesia. Solobeat drum stick is a tool to play the drum which is a domestic
product and has been marketed to several large cities in Indonesia. Manufacturer
of Small and Medium Enterprises Solobeat is locate
d in the town of Klaten,
Central Java. For SMEs, Solobeat need proper marketing strategies to reach
consumers who are increasingly selective in choosing products. One obstacle is
the lack of cost Solobeat in promotional activities in its products.
The purp
ose of
this study was to describe the marketing communication strategies used by SMEs
in Klaten Solobeat in reaching consumers. The research method used in this study
is a qualitative descriptive research method with qualitative data analysis
techniques. D
ata collection techniques obtained from interviews, observation and
literature study.
The results showed that the strategy taken Solobeat within reach
consumers using multiple strategies. The marketing is composed of the product
mix, pricing, promotion, an
d place. Solobeat also use promotions mix strategy
consisting of
(
1)
advertising,
(
2)
personal selling,
(
3)
sales promotion,
(
4)
direct
marketing, and
(
5)
public relations. Although Solobeat has done advertising, sales
promotion, and press releases, in
this study most emphasized strategies or at least
support in reaching consumers is personal selling and direct marketing. Systems
that do pick up the ball to the agency marketers Solobeat be done Solobeat
strategy to establish good relationships with agent
s marketers, and direct
marketing via internet (e
-
mail, blogs, and live chat on facebook) and phone (SMS
and blackberry messenger) to Solobeat one way of doing hands
-
on approach and
provide services to consumers.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 30 May 2016 04:11
Last Modified: 30 May 2016 04:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item