PENGARUH DAYA TARIK DISPLAY TOKO MOOF, GALERIA MALL , YOGYAKARTA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN CALON KONSUMEN

PURNAMASARI, INTAN OCTAVIANI (2012) PENGARUH DAYA TARIK DISPLAY TOKO MOOF, GALERIA MALL , YOGYAKARTA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN CALON KONSUMEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Persaingan dalam dunia fashion sangat ketat dalam menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Agar produk yang ditawarkan pada sebuah toko tersebut menarik perhatian konsumen, sampai akhirnya dapat mengambil sebuah keputusan untuk membe li, maka sebuah toko diharuskan dapat menarik perhatian tersebut dengan membuat display atau pajangan produk semenarik mungkin. Faktor - faktor display secara kreatiflah yang dapat menarik konsumen, display tersebut sebagai bahasa komunikasi untuk menyampaik an sebuah pesan dengan visualisasi pajangan yang menarik. Konsumen yang datang ke toko terdiri dari berbagai umur, pekerjaan, tingkat sosial, pendapatan tentu saja mempunyai perbedaan dalam menyikapi daya tarik display yang ada. Toko MOOF merupakan toko y ang memiliki konsep yang sangat unik, menjadi salah satu daya tarik untuk menarik konsumen datang, didukung dengan penataan display yang berbeda dari toko sejenis lain di Yogyakarta seperti Gate Store atau AFFAIRS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menge tahui seberapa besar pengaruh daya tarik display pada toko MOOF terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S - O - R dan konsep AIDDA. Teori S - O - R dan konsep AIDDA beranggapan bahwa komponen - komponen ko munikasi (komunikan, pesan, media) amat kuat dalam mempengaruhi komunikan. Penelitian ini menggunakan metode survei yang mengambil sampel sebanyak 73 responden dari konsumen yang datang ke toko MOOF Galeria Mall Yogyakarta yang sudah dihitung rata - rata dal am tiap minggunya. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis product moment dan analisis regresi sederhana dengan program SPSS V. 16.0. for windows. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa daya tarik display pengaruh terhadap keput usan pembelian konsumen. Berdasarkan nilai determinasi (R²/RSquare) adalah 0,606. Karena nilai Rsquare adalah positif maka dapat dikatakan bahwa Hal ini menyatakan 60,6% proses keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh pengaruh daya tarik display toko MOOF Galeria Mall Yogyakarta sedangkan sisanya sebesar 39,4% dijelaskan oleh variabel atau faktor lain selain daya tarik display. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis Ha dalam penelitian ini dapat diterima. xvi ABSTRACT Competition i n the fashion world is very strict in attracting consumers to purchase products offered. In order for a product offered at the store attracted the attention of consumers, to finally be able to take a decision to purchase, then a store is required to attrac t attention by creating a display or display products as attractive as possible. These factors are creative display that can attract consumers, such as the display language of communication to convey a message with an interesting visual display. Consumers who come to the store consists of various age, occupation, social level, income certainly does have a difference in addressing the appeal of the existing display. Moof store is a store that has a very unique concept, becoming one of the attractions to draw consumers to come, supported by a different arrangement of the display of other similar stores in Yogyakarta as Gate Store or AFFAIRS. The purpose of this study was to determine how much influence the attractiveness of the display in a store MOOF consumer purchase decision process. Theory used in this study are S - O - R theories and concepts AIDDA. SOR theories and concepts AIDDA assume that the components of communication (communicant, message, media) is very powerful in influencing the communicant. This stu dy uses a survey method that takes a sample of 73 respondents from consumers who come to the store Galeria Mall Yogyakarta Moof already calculated the average within a week. Analytical technique used is the product moment analysis and simple regression ana lysis with SPSS V. 16.0. for windows. Based on research conducted it can be concluded that the display appeal of an influence on consumer purchasing decisions. Based on the value of determination (R ² / RSquare) is 0.606. R ²/RSquare value is positive beca use it can be said that It is claimed 60.6% of consumer purchase decision process can be explained by the influence of store displays MOOF appeal Galeria Mall Yogyakarta while the remaining amount of 39.4% is explained by the variables or factors other tha n display appeal. It is proved that the hypothesis Ha in this study is acceptable.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 30 May 2016 04:04
Last Modified: 30 May 2016 04:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item