ANALISIS ISI FOTO JURNALISTIK KONFLIK PAPUA PADA ANTARAFOTO.COM (Studi Analisis Isi Foto Jurnalistik Konflik Papua Pada Media Online Antarafoto.com Periode Agustus – September 2019)

Amelia, Marcelina Mia (2020) ANALISIS ISI FOTO JURNALISTIK KONFLIK PAPUA PADA ANTARAFOTO.COM (Studi Analisis Isi Foto Jurnalistik Konflik Papua Pada Media Online Antarafoto.com Periode Agustus – September 2019). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-ANALISIS ISI FOTO JURNALISTIK KONFLIK PAPUA PADA ANTARAFOTO.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-ANALISIS ISI FOTO JURNALISTIK KONFLIK PAPUA PADA ANTARAFOTO.COM.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-ANALISIS ISI FOTO JURNALISTIK KONFLIK PAPUA PADA ANTARAFOTO.COM.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-ANALISIS ISI FOTO JURNALISTIK KONFLIK PAPUA PADA ANTARAFOTO.COM.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan-ANALISIS ISI FOTO JURNALISTIK KONFLIK PAPUA PADA ANTARAFOTO.COM.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Lengkap-Marcelina Mia Amelia 153160035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Konflik Papua merupakan konflik yang telah lama terjadi dan menyita perhatian masyarakat Indonesia. Konflik ini kembali terjadi pada tanggal 16 Agustus 2019 yang dipicu oleh pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya atas tuduhan perusakan bendera Merah Putih hingga berunjung tindakan diskriminasi rasial. Akibat peristiwa di Surabaya, terjadi kerusuhan di Papua dan Papua Barat yang menyebabkan dibatasinya akses informasi dan internet oleh pemerintah. LKBN ANTARA sebagai media milik pemerintah menjadi salah satu sumber informasi penting bagi masyarakat dalam memahami konflik Papua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana antarafoto.com menggambarkan kondisi konflik Papua dan kecenderungan isi foto konflik Papua yang diberitakan oleh antarafoto.com. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif. Teori yang digunakan yaitu teori tanggung jawab sosial pers. Foto yang dianalisis sebanyak 374 foto pada periode Agustus - September 2019 di antarafoto.com. Hasil penelitian menunjukan bahwa narasumber foto didominasi oleh pihak pro Indonesia. Foto cenderung menggambarkan kondisi konflik secara biasa dan wajar. Topik yang dimuat didominasi oleh keadaan yang kondusif pasca kerusuhan, kegiatan mendorong pendamaian dan persatuan Indonesia, serta membatasi foto negatif yang vulgar. Dalam memberitakan konflik Papua, antarafoto.com menjalankan perannya sebagai pers yang bertanggungjawab sosial. Namun dalam peliputan beritanya, antarafoto.com belum menjalankan prinsip jurnalistik yang independen, berimbang, objektif, dan cover both sides. Kata kunci : Jurnalistik, Foto, Konflik, Papua, Antarafoto.com

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jurnalistik, Foto, Konflik, Papua, Antarafoto.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Sep 2021 08:41
Last Modified: 06 Sep 2021 08:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26616

Actions (login required)

View Item View Item