RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) TERHADAP BERBAGAI DOSIS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK NPK DENGAN IRIGASI TETES

RAWAN, FRANKI I RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) TERHADAP BERBAGAI DOSIS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK NPK DENGAN IRIGASI TETES. Other thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of 2. Abstrak Indonesia & Inggris.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak Indonesia & Inggris.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 1.-Skripsi-Full-Franki-Irawan--AutoRecovered-.pdf] Text
1.-Skripsi-Full-Franki-Irawan--AutoRecovered-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan pertanian di lahan karst tidaklah mudah, karena dihadapkan pada beberapa kendala dan permasalahan yang cukup kompleks. Masalah yang terjadi pada lahan karst diantaranya potensi erosi yang tinggi, kesuburan tanah rendah, lahan solum yang dangkal. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas pertanian pada lahan karst adalah dengan pemberian air dan nutrisi. Pemberian air dengan teknik irigasi tetes dipercaya dapat membantu tanaman lebih efisien dalam pemanfaatan air dan nutrisi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis dan dosis pupuk yang paling baik untuk meningkatkan hasil tanaman tomat. Metode yang digunakan merupakan percobaan petak terbagi (split plot) disusun dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap dengan tiga kali ulangan. Main plot terdiri atas POC (Pupuk Organik Cair); 50% POC + 50% NPK dan NPK, sedangkan Sub Plot terdiri atas dosis pupuk 225 mL; 450 mL; 675 mL dan 900 mL. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara jenis pupuk dan dosis pupuk pada parameter tinggi tanaman semua periode (2,4,6 MST), jumlah daun (4, 6 MST) dan jumlah buah per tanaman. Perlakuan Jenis pupuk 50%POC+50%NPK sama baiknya dengan pupuk NPK 100% untuk pertumbuhan tomat terlihat pada parameter berat kering. Perlakuan Dosis pupuk 900 mL sama baiknya dengan dosis pupuk 675 mL untuk pertumbuhan tanaman tomat terlihat pada parameter berat kering.
Kata kunci : Tomat, Pupuk, Irigasi Tetes, NPK, POC

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tomat, Pupuk, Irigasi Tetes, NPK, POC
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:16
Last Modified: 26 Dec 2022 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26103

Actions (login required)

View Item View Item