POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK USIA DINI (Studi di Taman Kanak-Kanak Islam Modern Bhakti Mulia Yogyakarta)

Saputri, Dely Hazna Dian (2020) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK USIA DINI (Studi di Taman Kanak-Kanak Islam Modern Bhakti Mulia Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.3-1.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP.3-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustak.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustak.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of DELY SKRIPSI LENGKAP.3.pdf]
Preview
Text
DELY SKRIPSI LENGKAP.3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN JUDUL COVER.pdf]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL COVER.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Golden age adalah masa yang paling penting dalam proses pertumbuhan
kecerdasan anak. TKIM Bhakti Mulia menerapkan konsep pendidikan modern
dan islami dalam penanaman karakter bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pola komunikasi antara guru dengan siswa dalam
penyampaian pendidikan agama di TKIM Bhakti Mulia. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pola
komunikasi dalam penyampaian pendidikan agama di TKIM Bhakti Mulia
melalui pola komunikasi primer dan pola komunikasi sirkular. Pola komunikasi
primer merupakan proses komunikasi langsung secara verbal dan nonverbal. Pola
komunikasi sirkular merupakan proses komunikasi yang melibatkan banyak unsur
dan langsung mendapatkan feedback. Faktor-faktor yang menghambat dalam
penyampaian pendidikan agama yaitu kurangnya konsentrasi dan pembelajaran
yang membosankan. Komunikasi yang dilakukan di TKIM Bhakti Mulia sesuai
dengan komunikasi instruksional. Komunikasi instruksional merupakan proses
komunikasi, khususnya komunikasi edukatif, yang dirancang secara khusus untuk
tujuan perubahan perilaku pada pihak sasaran atau siswa. Proses komunikasinya
diciptakan secara wajar, akrab dan terbuka, dengan ditunjang faktor-faktor
pendukung baik secara sarana maupun fasilitas.

Kata kunci : pola komunikasi, guru dan siswa, pendidikan agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pola komunikasi, guru dan siswa, pendidikan agama.
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Jun 2021 08:29
Last Modified: 28 Jun 2021 08:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26087

Actions (login required)

View Item View Item