ANALISIS KESTABILAN LUBANG BUKAAN PADA TEROWONGAN BEKAS JALUR ANGKUT PENAMBANGAN MANGAN DI WATU JONGGOL DESA KARANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NILASARI, RASYIDA HAFSHAH (2020) ANALISIS KESTABILAN LUBANG BUKAAN PADA TEROWONGAN BEKAS JALUR ANGKUT PENAMBANGAN MANGAN DI WATU JONGGOL DESA KARANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER (pdf.io).pdf]
Preview
Text
COVER (pdf.io).pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT (pdf.io).pdf]
Preview
Text
ABSTRACT (pdf.io).pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI (pdf.io).pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI (pdf.io).pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of halaman pengesahan (pdf.io).pdf]
Preview
Text
halaman pengesahan (pdf.io).pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI RASYIDA HAFSHAH 112140062 (2).pdf] Text
SKRIPSI RASYIDA HAFSHAH 112140062 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

n angkut dari terowongan bekas tambang mangan peninggalan
zaman penjajahan Belanda yang telah ditinggalkan selama puluhan tahun.
Terowongan yang terletak di Dusun Ngruno, Desa Karangsari, Kecamatan
Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut akan
dijadikan sebagai lokasi geowisata oleh pemerintah setempat. Dalam
pelaksanaannya sebagai lokasi geowisata untuk memanfaatkan terowongan bekas
penambangan mangan, maka perlu diperhatikan keamanan dari terowongan alami
untuk mempertahankan bentuk asli dari terowongan tersebut. Untuk mendukung
program dari pemerintah daerah lokasi terowongan, maka diperlukan analisis
kestabilan terowongan untuk mengetahui kekuatan massa batuan pada terowongan
terhadap keruntuhan.

Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu metode empirik dan
metode elemen hingga. Hasil perhitungan dari metode numerik adalah faktor
keamanan, dan hasil perhitungan dari metode elemen hingga adalah strength
factor dan total perpindahan. Faktor keamanan dan strength factor ini
menunjukkan seberapa tingkat keamanan dari suatu terowongan. Sementara total
perpindahan menujukkan stabil atau tidaknya suatu terowongan. Pada penelitian
ini tingkat keamanan terowongan akan dievaluasi berdasarkan dimensi
terowongan dan adanya jalan raya diatas permukaan terowongan.

Kesimpulan yang didapat yaitu jalan raya mempengaruhi kestabilan
terowongan karena mengakibatkan nilai faktor keamanan dan strength factor.
Secara keseluruhan, nilai faktor keamanan ≤ 1,0 dan strength factor ≤ 1,1
sehingga dapat dikatakan terowongan tidak memiliki nilai stabilitas yang aman
untuk dijadikan suatu lokasi geowisata serta memerlukan suatu penyanggaan.

Kata Kunci : terowongan, metode elemen hingga, faktor keamanan, strength
factor

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: terowongan, metode elemen hingga, faktor keamanan, strength factor
Subjek: Q Science > Q Science (General)
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:18
Last Modified: 15 Jun 2021 04:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25799

Actions (login required)

View Item View Item