APLIKASI PENENTUAN GEJALA KEKERDILAN (STUNTING) DAN STATUS GIZI PADA BALITA

Emirillya, Ghea (2020) APLIKASI PENENTUAN GEJALA KEKERDILAN (STUNTING) DAN STATUS GIZI PADA BALITA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka GHEA E..pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
GHEA E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123130050_GHEA EMIRILLYA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Stunting menjadi masalah gizi akut yang menjadi program resmi Pemerintah pada Peraturan Presiden No. 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi. Masalah gizi stunting rentan bagi balita khususnya usia memasuki 2 tahun sampai 5 tahun, karena perkembangan balita menuju usia itu sangat perlu perhatian khusus. Perkembangan lambat pada otak dan tumbuh kembang balita menjadi dampak utama dari masalah gizi stunting. Masalah gizi stunting perlu di sosialisasikan demi kesejahteraan masyarakat melalui sebuah pemanfaatan aplikasi yang menjadi alternatif mengidentifikasi gejala stunting dan status gizi balita sejak dini. Pemanfaatan aplikasi stunting berbasis Android menggunakan ponsel pintar sering disebut dengan smartphone dalam memberikan informasi gejala kekerdilan (stunting) dan status gizi pada balita. Perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan Unified Modeling Language dan Data Flow Diagram serta pengembangan aplikasi menggunakan Grapple. Penerapan pada aplikasi ini terletak pada bagaimana cara orang tua dapat mengetahui kondisi balita masuk ke kategori normal atau gejala stunting dengan gizi buruk, kurang, baik atau lebih. Hasil digambarkan melalui antarmuka sederhana yang mudah dipahami oleh pengguna, serta pihak ahli medis dapat memantau perkembangan balita melalui grafik. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi bernama “Stunting Prediction App”. Aplikasi diakses oleh ahli medis dalam mengidentifikasi balita dengan hasil identifikasi dapat diakses oleh orangtua dan dokter/ahli gizi melalui halaman Web “Stunting”. Hasil yang keluar menampilkan grafik sesuai status balita. Berdasarkan teori yang ada maka aplikasi ini sudah memenuhi standart untuk selanjutnya digunakan menjadi alternatif identifikasi gejala stunting dan status gizi pada balita secara final. Kata Kunci : Stunting, Android, Unified Modeling Language, Grapple.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Stunting, Android, Unified Modeling Language, Grapple.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:08
Last Modified: 03 Mar 2021 05:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24838

Actions (login required)

View Item View Item