MENGHITUNG EFISEINSI PACKAGE BOILER (2007-UA) PADA UNIT UTILITAS 1A DI PT PUPUK KUJANG (PERSERO) CIKAMPEK

Ariyani, Retno Khusnul Nur (2021) MENGHITUNG EFISEINSI PACKAGE BOILER (2007-UA) PADA UNIT UTILITAS 1A DI PT PUPUK KUJANG (PERSERO) CIKAMPEK. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of TUGAS AKHIR PT PUPUK KUJANG_RETNO.pdf] Text
TUGAS AKHIR PT PUPUK KUJANG_RETNO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Pupuk Kujang adalah perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia, dengan mengolah bahan-bahan tertentu menhjadi bahan-bahan pokok yang diperlukan dalam pembuatan pupuk, terutama pupuk ure dan bahan kimia lainnya. Bahan baku utama dalam pembuatan urea adalah gas, air dan udara. Ketiga bahan baku tersebut dioh sehingga menghasilkan aonia dan akhirnya menjadi urea. Penyediaan gas bumi berasal dari Pertamina, sedangkan air baku diamil dari Perum Jas Tirta II Jatiluhur-Purwakarta. Untuk memanfaatkan akses operasional Pabrik Pupuk Kujang maka dibangunlah 5 anak perusahaan.
Package Boiler 2007-UA adalah pembangkit steam bertipe boiler pipa air yang menghasilkan steam sebesar 102,06 ton/jam,dengan tekanan 42 kg/cm2 dan temperatur sekitar 393-400 oC. Boiler tersebut dibuat dengan desain, pabrik, dan waktu yang sama.
Dalam melaksanakan Tugas Akhir ini telah dijalani beberapa program kegiatan yang dilakukan. Pertama orientasi meupakan pendahuluan berupa pengenalan trhadap hal-hal yang umum, seperti sejarah singkat PT Pupuk Kujang dan hal-hal lain yang berkaitan denganstruktur organisasi dan personalia. Kedua, studi kepastian melihat dan mempelajari pustaka yang ada mengenai industri pabrik, hal-hal yang dipeljari meliputi pengetahuan tentang sejarah pendirian pabrik, operasi pabrik, struktur organisasi, dan sebagainya. Ketiga, studi lapangan mengamati dan mempelajari unit-unit pemrosesan yang terjadi pada sistem peralatan, pengendalian mutu, sistem distribusi, pemasaran industri serta pemeliharaan yang dilakukan di PT Pupuk Kujang Cikampek, Tahap terakhir yaitu penyusunan Tugas Akhir dengan judul Menghitung Efisiensi Package Boier (2007-UA) pada Unit Utilitas 1 A di PT Pupuk Kujang-Cikmpek.
Dari perhitungan neraca panas dapat digunakan untuk menghitung efisiensi. Hasil dari perhitungan neraca panas Qinput adalah 61.477.534,84 kcal/jam dan hasil Qoutput adalah 61.477.534,84 kcal/jam. Sehingga didapatkan hasil efisiensi Package Boiler (2007-UA) sebesar 90,06%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan baku utama dalam pembuatan urea adalah gas, air dan udara.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:10
Last Modified: 30 Nov 2022 08:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24786

Actions (login required)

View Item View Item