PENGEMBANGAN RESISTANCE FURNACE KAPASITAS 5 KG DENGAN PERBAIKAN EFISIENSI ENERGI PANAS MENGGUNAKAN METODE VDI 2221

Widyakumara, Rahma (2021) PENGEMBANGAN RESISTANCE FURNACE KAPASITAS 5 KG DENGAN PERBAIKAN EFISIENSI ENERGI PANAS MENGGUNAKAN METODE VDI 2221. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1-COVER TA 2 RAHMA.pdf]
Preview
Text
1-COVER TA 2 RAHMA.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2-ABSTRAK_RAHMA WIDYAKUMARA.pdf]
Preview
Text
2-ABSTRAK_RAHMA WIDYAKUMARA.pdf

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 3-LEMBAR PENGESAHAN_TA2_RAHMA WIDYAKUMARA 2.pdf]
Preview
Text
3-LEMBAR PENGESAHAN_TA2_RAHMA WIDYAKUMARA 2.pdf

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 5-NASKAH-TA2-RAHMA-WIDYAKUMARA.pdf] Text
5-NASKAH-TA2-RAHMA-WIDYAKUMARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Industri pengecoran logam merupakan salah satu jenis industri pengolahan logam dimana salah satu peralatan penunjangnya adalah resistance furnace. Resistance furnace yang banyak digunakan pada industri skala mikro dan menengah serta skala penelitian memiliki kapasitas 2 kg. Alat yang telah ada di pasaran juga belum bersifat portable serta memiliki efisiensi energi panas yang rendah sehingga panas masih banyak yang terbuang menuju udara bebas. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan alat resistance furnace dengan kapasitas lebih besar, memiliki efisiensi energi panas yang tinggi, bersifat portable, namun tetap mempertimbangkan keergonomisan pada desain strukturnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode VDI 2221. Pemilihan metode didasarkan pada kompleksitas metode untuk kegunaan perancangan produk. Metode ini menjabarkan cara pengembangan resistance furnace dari hal terkecil yaitu spesifikasi awal dan ide dasar pengembangan yang dikembangkan menjadi solusi hingga menjadi modul-modul komponen. Modul tiap komponen kemudian akan divisualisasikan dengan bantuan software desain Solidworks 2013. Berdasarkan desain yang telah divisualisasikan, selanjutnya dibuat peta operasi pembuatan produk serta menghitung efisiensi energi panas dengan menghitung perbandingan jumlah energi panas yang diserap dan dikeluarkan oleh alat resistance furnace.
Pengembangan alat resistance furnace ini terdapat pada kapasitas alat yang telah lebih besar yaitu 5 kg, telah bersifat portable, serta adanya pertimbangan data antropometri pada tinggi alat menggunakan data tinggi siku berdiri (TSB) sebesar 90,46 cm serta pada panjang telapak tangan (PTT) pada pegangan sebesar 16,5 cm. Pada perhitungan efisiensi energi panas, didapatkan perhitungan energi panas yang dibutuhkan untuk peleburan logam yaitu sebesar 5188,5 kJ, sementara total energi panas yang diserap oleh keseluruhan komponen peleburan yaitu sebesar 5941,6974 kJ sehingga didapatkan efisiensi energi panas dari alat resistance furnace kapasitas 5 kg ini sebesar 87,32%.
Kata kunci: Pengecoran logam, resistance furnace, efisiensi energi panas, VDI 2221.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengecoran logam, resistance furnace, efisiensi energi panas, VDI 2221.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:34
Last Modified: 01 Nov 2022 06:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24588

Actions (login required)

View Item View Item